Advertisement

Keputusan Penonton Boleh Masuk Stadion Masih Menunggu Hasil Kajian

Sunartono
Minggu, 24 Oktober 2021 - 16:17 WIB
Sunartono
Keputusan Penonton Boleh Masuk Stadion Masih Menunggu Hasil Kajian Perwakilan dari Kemenko Marves Lalu Muhammad Andilla Rizky (kiri) dan Kepala Hubungan Media PT Liga Indonesia Baru (LIB), Hanif Marjuni (kanan) saat memberikan keterangan di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Sabtu (23/10/2021). - Harian Jogja/Sunartono

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN--Keputusan untuk memperbolehkan penonton masuk ke stadion menonton pertandingan sepakbola masih menunggu kajian secara menyeluruh. Pemerintah mengapresiasi pelaksanaan protokol kesehatan di perhelatan sepak bola Liga 1.

Kementerian Koordinator Maritim dan Investasi secara khusus memantau pelaksanaan liga di Indonesia Pada Sabtu (23/10/2021) malam secara khusus perwakilan dari Kemenkomarves memantau jalannya pertandingan antara Arema FC kontra Persiraja di Stadion Maguwoharjo. Pemantauan itu dilakukan untuk melihat prosedur penerapan prokes di Liga 1.

Advertisement

Perwakilan dari Kemenko Marves Lalu Muhammad Andilla Rizky menyatakan dari hasil pemantauan secara langsung, ia mengapresiasi penerapan prokes di Liga 1 yang berjalan cukup ketat. Kebiasaan penerapan prokes dengan ketat ini menjadi modal ke depan jika sudah ada penetapan penonton boleh datang ke stadion.

“Kami mengapresiasi jalannya pertandingan karena prosedur penanganan prokes sudah ketat. Harapannya penerapan prokes ketat ini bisa terus berjalan ke depan. Penerapan prokes Liga 1 ini bisa menjadi acuan pada berbagai event olahraga lain di Indonesia,” katanya Rizky usai melakukan peninjauan di Stadion Maguwoharjo.  

Terkait kemungkinan pemberian izin penonton masuk stadion, Rizky menilai masih membutuhkan kajian menyeluruh. Saat ini sedang dalam proses studi dengan mempertimbangkan berbagai aspek serta melihat dampaknya jika penonton datang ke stadion. “Studi atau kajian ini sangat diperlukan untuk melihat dari berbagai aspek,” katanya.

Rizky belum dapat memastikan kapan penonton datang ke stadion tersebut dapat terlaksana karena butuh proses. Setalah hasil kajian sudah keluar maka akan dilakukan review bersama Kemenkes. “Sampai sekarang masih kajian studi untuk mengadakan penonton. Jika kajian selesai, kami akan mereview bersama kemenkes kita cari terkait teknis prokesnya seperti apa, dengan melibatkan PT LIB,” ucapnya.

Kepala Hubungan Media PT Liga Indonesia Baru (LIB), Hanif Marjuni berharap penerapan penonton boleh masuk stadion dapat diterapkan secepatnya. Akantetapi LIB tetap menunggu keputusan pemerintah mengingat butuh kajian secara menyeluruh yang tidak hanya melihat dari aspek venua sepakbola saja namun juga kondisi daerah.

“Jadi pertimbangannya banyak aspek, tidak hanya kesiapana venuenya saja, tetapi juga melihat misal kasus di daerah tersebut dan daerah terdekatnya seperti apa,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Advertisement

alt

Olimpiade Paris 2024, Obor Api Dimulai Dinyalakan dari Reruntuhan Kuil Hera di Yunani

Olahraga
| Senin, 15 April 2024, 11:37 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement