Hadapi Liverpool Malam Ini, Manchester United Menanti Tuah Ronaldo

Pemain Manchester United, Cristiano Ronaldo - Twitter
24 Oktober 2021 09:57 WIB Newswire Sepakbola Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Liga Inggris diramaikan dengan laga panas antara Manchester United vs Liverpool pada Minggu 24 Oktober 2021 pukul 22.30 WIB.

Manchester United yang akan menjadi tuan rumah tengah dihadang rentetan hasil buruk di kompetisi domestik. Skuad asuhan Ole Gunnar Solskjaer menelan dua kekalahan dari Aston Villa dan Leicester City dan hanya bermain imbang 1-1 dengan Everton.

Hasil itu membuat mereka kini terlempar dari posisi empat besar klasemen Liga Inggris. United hanya menempati posisi keenam dengan perolehan 144 angka dari delapan laga, tertinggal sembilan angka dari Chelsea yang berada di puncak.

Posisi Solskjaer kini pun mulai goyah. Mayoritas suporter United disebut setuju jika pria asal Norwegia itu dicopot dari jabatannya. Namun, Solskjaer punya alasan sendiri atas hasil buruk itu. Dia menyatakan mereka mengalami masalah cedera serta kelelahan karena jadwal padat yang menghadang. Apalagi sejumlah pemain mereka juga harus membela negaranya masing-masing saat jeda internasional.

Nasib Solskjaer sedikit terselamatkan setelah Manchester United berhasil meraih kemenangan 3-2 dari Atalanta pada laga Liga Champions Kamis kemarin.

Laga kontra Liverpool ini bisa dianggap sebagai ujian berat pertama yang harus dihadapi Solskjaer musim ini. Dari 12 laga di semua kompetisi, mereka praktis baru kali ini akan menghadapi tim besar.

Apes bagi Solskjaer, Liverpool saat ini tengah dalam performa terbaiknya. Skuad asuhan Jurgen Klopp tercatat sebagai satu-satunya tim di lima liga besar Eropa yang belum merasakan kekalahan musim ini.

Dari 12 laga, Liverpool berhasil meraih sembilan kemenangan dan tiga kali imbang. Chelsea yang berada di puncak klasemen saja sudah merasakan kekalahan.

Liverpool juga tengah dalam kepercayaan diri tinggi setelah mereka mengalahkan Atletico Madrid 3-2 pada laga Liga Champions Rabu kemarin.

Berikut prediksi susunan pemain laga Manchester United vs Liverpool:

Manchester United (4-2-3-1): De Gea; Wan-Bissaka, Lindelof, Maguire, Shaw; McTominay, Pogba; Greenwood, Lingard, Sancho; Ronaldo

Liverpool (4-3-3): Alisson; Alexander-Arnold, Matip, Van Dijk, Robertson; Henderson, Fabinho, Milner; Salah, Firmino, Mane.

REKOR PERTEMUAN

Rekor pertemuan kedua tim memang masih berpihak kepada Manchester United. Dari 58 kali bertanding di Liga Inggris, Manchester United meraih 28 kemenangan sementara Liverpool hanya 16 kemenangan, 14 laga lainnya berakhir imbang.

Dalam lima musim terakhir sejak ditangani Jurgen Klopp, Liverpool mampu sedikti lebih unggul. Dari 10 laga, Liverpool meraih tiga kemenangan sementara Manchester United hanya dua kali, lima laga lainnya berakhir imbang.

Soal materi pemain, Manchester United sebenarnya saat ini patut disamaratakan dengan tim-tim besar Inggris dan Eropa lainnya. Pada bursa transfer musim panas lalu, mereka mendatangkan tiga pemain bintang: Cristiano Ronaldo, Jadon Sancho dan Raphael Varane.

Ditambah dengan Bruno Fernandes, Paul Pogba, Mason Greenwood, Marcus Rashford, Harry Maguire hingga David de Gea, mereka seharunya bisa menjadi salah satu kekuatan menakutkan.

Sayangnya cedera memang silih berganti menerpa para pemain United. Untuk laga kontra Liverpool ini saja, Marcus Rashford yang sebenarnya baru pulih dari cedera diragukan untuk tampil. Dia dan Fred disebut mengalami cedera pada laga kontra Atalanta.

Bruno Fernandes juga disebut absen dalam sesi latihan Jumat kemarin sementara Raphael Varane sudah 100 persen akan absen.

Jika Rashford dan Fernandes absen, Solskjaer tak memiliki pilihan selain memainkan Jadon Sancho dan Jesse Lingard untuk menemani Mason Greenwood dan Cristiano Ronaldo di lini depan.

Untuk posisi Fred, Solskjaer memiliki banyak opsi. Dia memiliki Nemanja Matic, Scott McTominay dan Donny van de Beek untuk menemani Paul Pogba di lini tengah. Sementara posisi Varane tampaknya masih akan diisi oleh Victor Lindelof.

Liverpool di sisi lain justru tak mengalami masalah cedera berarti. Klopp hanya akan kehilangan gelandang Thiago Alcantara dan Harvey Elliott.

Kabar baiknya, gelandang muda Curtis Jones telah pulih dari cedera dan akan bisa diturunkan pada laga kali ini.

FAKTOR RONALDO

Kehadiran Cristiano Ronaldo membuat lini depan Manchester United lebih tajam musim ini. Mereka saat ini telah mencetak 22 gol dari 11 laga di semua kompetisi.

Akan tetapi Solskjaer masih memiliki pekerjaan rumah besar dalam membenahi lini belakangnya. Catatan 17 gol yang sudah bersarang di gawang David de Gea musim ini jelas memperlihatkan betapa lemahnya tembok pertahanan Setan Merah.

Hal itu akan sangat menguntungkan bagi Liverpool yang kembali menunjukkan ketajamannya musim ini. Di Liga Inggris saja, trio Mohamed Salah, Sadio Mane dan Roberto Firmino telah mengemas total 16 gol. Jika ditambah dengan tiga gol Diogo Jota, maka lini serang Liverpool total telah menyarangkan 19 gol.

Di sisi pertahanan, kembalinya Virgil van Dijk juga membuat lini pertahanan The Kopp semakin kokoh. Alisson Becker tercatat hanya kebobolan 11 gol dari 11 laga. Itu pun dengan catatan dia mampu mencetak enam clean sheet.

Karena itu, wajar kiranya jika Liverpool sedikit diunggulkan untuk meraih kemenangan pada laga kali ini. Media Inggris Sky Sports bahkan memprediksi Liverpool mampu meraih kemenangan dengan lebih dari tiga gol.

Laga Liga Inggris antara Manchester United vs Liverpool akan berlangsung pada Ahad malam 24 Oktober 2021 pukul 22.30 WIB. Laga ini akan disiarkan secara langsung oleh MolaTV.

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia