Spanyol Hentikan Rekor & Kandaskan Mimpi Italia Kawinkan Gelar

Striker Spanyol Ferran Torres (kiri) merayakan gol ke gawang Italia bersama Gavi. - Instagram @sefutbol
07 Oktober 2021 04:37 WIB Budi Cahyana Sepakbola Share :

Harianjogja.com, MILAN - Spanyol menghentikan rekor tak terkalahkan Italia sekaligus memupus mimpi Gli Azzurri mengawinkan gelar juara Euro 2020 dengan UEFA Nations League 2021.

Pada semifinal UEFA Nations League di Stadion Giuseppe Meazza, San Siro, Milan, Kamis (7/10/2021) dini hari WIB, Spanyol mengalahkan Italia 2-1.

Dua gol La Roja dilesakkan Ferran Torres di menit ke 17 dan 45+2. Penyerang sayap yang sejak awal musim disulap menjadi striker oleh pelatihnya di Manchester City, Pep Guardiola, itu mendapat asis dari Mikel Oyarzabal. Gol pertamanya lahir setelah kaki kanan Torres menyambar umpan silang Oyarzabal dari sisi kiri serangan Spanyol. Gol kedua Torres juga lahir dari operan Oyarzabal. Kali ini penyerang 21 tahun itu menyundul bola dan membuat kiper Italia Gianluigi Donnaruma mati langkah.

Rekor gol Torres bersama La Roja sangat mengagumkan, yakni 12 gol dalam 21 caps. Pemain didikan Akademi Valencia itu hanya bermain 45 menit saat melawan Itali. Dia diganti penyerang 19 tahun asal Villarreal, Yeremi Pino, di awal babak kedua. Pada laga ini, Pelatih Spanyol Luis Enrique menurunkan Gavi, gelandang Barcelona yang memecahkan rekor pemain termuda Spanyol di usia 17 tahun 62 hari.

Kemenangan atas Italia membawa Spanyol melaju ke final UEFA Nations League dan akan menghadapi pemenang laga Belgia melawan Prancis yang berlangsung pada Jumat (8/10/2021).

Bagi Italia, kekalahan ini tak hanya mengandaskan mimpi mengawinkan trofi Euro dengan UEFA Nations League. Rekor 36 pertandingan tanpa kekalahan kini sudah terhenti. Kekalahan terakhir Italia sebelumnya adalah pada 10 September 2018. Saat itu Azzurri takluk 0-1 dari Portugal. Selama tiga tahun lebih, anak asuh Roberto Mancini selalu menang atau minimal seri dan dalam periode tanpa kekalahan itu berhasil merengkuh trofi Euro 2021.