Advertisement

Keluarga Glazer Lepas Saham Rp2,655 Triliun, Manchester United Tak Kebagian

Newswire
Rabu, 06 Oktober 2021 - 19:37 WIB
Budi Cahyana
Keluarga Glazer Lepas Saham Rp2,655 Triliun, Manchester United Tak Kebagian Bek Manchester United, Raphael Varane - Antara/Reuters

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA - Keluarga Glazer melepas sebagian saham mereka di Manchester United yang ditaksir bernilai 137 juta paun atau sekitar Rp 2,655 triliun. Klub disebut tak akan mendapatkan sepeser pun dari penjualan saham itu.

Media Inggris Daily Mail menyebutkan Kevin dan Edward Glazer, yang juga menjabat sebagai direktur klub itu, menjual 9,5 juta lembar saham milik mereka di bursa efek New York sejak Selasa kemarin waktu setempat.

Advertisement

Dengan harga per lembar saham sebesar 14,43 paun atau sekitar Rp279.000, mereka disebut bisa meraup paling sedikit sekitar Rp 2,655 triliun.

Pada Maret lalu Avram Glazer juga telah menjual sebagian sahamnya dengan total nilai 70 juta paun. Manchester United disebut tak mendapatkan sepeser uang pun dari penjualan saham itu.

Meskipun demikian, keluarga Glazer masih menjadi pemegang saham terbesar klub asal Inggris tersebut. Mereka kabarnya masih menguasai 69 persen saham klub.

Keluarga Glazer yang dikomandoi oleh Malcolm Glazer masuk ke jajaran pemegang saham United sejak tahun 2003. Pada 2005 mereka menjadi pemilik saham terbesar.

Saat itu, mereka disebut memiliki 98 persen saham klub tersebut. Malcolm meninggal pada 2014 karena stroke dan sahamnya di United kemudian dibagi rata kepada keenam anaknya: Joel, Avram, Kevin, Bryan, Darcie dan Edward.

Sepeninggalan Malcolm, saham keluarga pengusaha asal Amerika Serikat itu di United terus terkikis. Di Inggris, desakan dari suporter agar mereka hengkang pun semakin besar.

Pendukung Setan Merah menilai kemerosotan tim kesayangan mereka tak lepas dari peran anak-anak Malcolm Glazer. Mereka dituding terlalu pelit untuk mendatangkan para pemain bintang sehingga United terus gagal bersaing untuk merebut gelar juara Liga Inggris apalagi Liga Champions.

Terakhir kali United meraih trofi Liga Inggris adalah pada 2012-2013. Setelah itu, mereka bahkan terus berada di bawah bayang-bayang rival sekotanya, Manchester City.

Baru pada bursa transfer musim panas ini United royal membeli pemain. Mereka mengeluarkan dana total 135 juta pound sterling atau sekitar Rp 2,617 triliun untuk mendatangkan Jadon Sancho, Raphael Varane dan Cristiano Ronaldo.

Kedatangan ketiga pemain itu sempat memberikan rasa optimisme tinggi bagi para suporter Manchester United. Akan tetapi hal itu belakangan mulai pudar setelah skuad asuhan Ole Gunnar Solskjaer hanya meraih satu kemenangan dari empat laga terakhir di semua kompetisi. Mereka pun kini duduk di posisi keempat klasemen sementara dengan perolehan 14 angka, tertinggal dua angka dari Chelsea yang berada di puncak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Advertisement

alt

MotoGP Portugal 2024: Bagnaia Buka Suara Terkait Insidennya dengan Marc Marquez

Olahraga
| Senin, 25 Maret 2024, 09:37 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement