Diwarnai Gol Cepat, PSS Tunduk Atas Persebaya dengan Skor 1-3

Pemain PSS Irfan Jaya. - Instagram.
29 September 2021 23:25 WIB Sunartono Sepakbola Share :

Harianjogja.com, SLEMAN--PS Sleman harus mengakui kemampuan Persebaya dalam laga lanjutan BRI Liga 1 musim 2021/2022 di Stadion Wibawa Mukti, Bekasi, Cikarang, Rabu (29/09/2021) malam. Pertandingan ini berakhir dengan skor 1-3 untuk Persebaya, diwarnai gol cepat dengan durasi 14 menit gawang PSS kebobolan dua kali.

PSS terus mendapatkan tekanan pada menit-menit awal pertandingan meski tidak banyak tendangan yang bisa diciptakan ke arah gawang. Hingga akhirnya Persebaya mampu menciptakan gol cepat dari tendangan keras kaki kiri Taise Marukawa dari luar kotak penalti pada menit ke-7. Penjaga gawang PSS Ega Rizky gagal menepis bola yang melesak ke arah kanan gawang.

PSS kembali kebobolan pada menit ke-14 melalui skema serangan balik dari Persebaya. Ricky Kambuaya berhasil mencetak gol setelah mendapatkan assist dari Bruno Moreira yang sebenarnya memiliki kesempatan untuk mengeksekusi langsung ke gawang. Dengan demikian hanya dalam waktu 14 menit, PSS tertinggal dua gol yang membuat para pemain lebih tertekan.

Pada babak pertama, penguasaan bola nyaris hampir sama, menit ke-18 pemain PSS Juninho sempat memiliki kesempatan melakukan tendangan langsung ke arah gawang, tetapi berhasil ditepis oleh Ernando. Begitu juga Irfan Bachdim tak bisa memanfaatkan umpan dari Irfan Jaya saat tepat di depan gawang karena terjatuh. Skor 0-2 tidak berubah hingga peluit tanda berakhirnya babak pertama berbunyi.

Tempo Permainan

Pada babak kedua Super Elang Jawa meningkatkan tempo permainan. Pelatih PSS Dejan Antonic mulai berkreasi dengan strategi, menarik Kim Kurniawan pada menit ke-54 diganti Misbakus Solihin yang dikenal dengan tendangan jarak jauh yang tajam.

Pada menit ke-59 PSS mendapatkan penalti karena adanya handsball pemain Persebaya di kotak penalti. Namun sang eksekutor Juninho gagal melaksanakan tugasnya dengan baik. Meski Ernando sebenarnya sudah salah menepis arah bola, namun bola justru membentur bagian atas mistar gawang Persebaya.

Beberapa kali PSS melakukan tendangan langsung ke arah gawang pada menit ke-64 oleh Nemanja Kojic namun masih lemah. Striker yang baru saja diimpor dari Serbia ini bahkan sangat jarang mendapatkan kesempatan.  Begitu juga dengan Juninho pada menit ke-69 mendapatkan umpan dari Irfan Jaya yang berusaha memperbaiki kesalahan dengan melakukan tendangan dari luar kotak penalti, namun karena lemah sehingga tak berarti bagi kiper Persebaya.

Dejan sempat berusaha menyegarkan pemain dengan melakukan pergantian, Juninho diganti oleh Fitra Ridwan dan Arthur Irawan digantikan Samsul Arifin di menit ke-77. Hingga akhirnya gol yang tunggu, PSS mampu memperkecil ketertinggalan melalui tandukan kepala Irfan Jaya setelah mendapatkan umpan dari sayap kiri Irkham Mila pada menit ke-86, sehingga skor berubah menjadi 1-2.

Sayangnya pertahanan PSS dengan mudah digempur Bajul Ijo selang dua menit kemudian, Taise Marukawa mendapatkan umpan dari sayap kiri tepat berada di dekat gawang tanpa pengawalan dari pemain belakang PSS. Bahkan tampak hanya dua pemain saja yang berada di tepat di depan gawang melakukan penyelamatan. Kesalahan itu membuat Marukawa memiliki waktu setidaknya 3,5 detik untuk menentukan pilihan tepat melakukan eksekusi. Gol pun tercipta dari kaki Marukawa di menit ke-89, sehingga skor berubah menjadi 1-3 hingga akhir pertandingan.