Transfer Tergila! Alasan Ronaldo Batal ke City & Kembali ke Manchester United Terungkap

Cristiano Ronaldo - Twitter @FrabrizioRomano
28 Agustus 2021 02:22 WIB Budi Cahyana Sepakbola Share :

Harianjogja.com, JOGJA - Cristiano Ronaldo secara mengejutkan kembali ke Manchester United. Hanya dalam satu hari, dia mengubah keputusan dan menciptakan kehebohan di pengujung bursa transfer musim panas 2021.

Kamis (26/8/2021), sejumlah media di Italia melaporkan CR7 tinggal selangkah lagi hijrah ke Manchester City. Beberapa hari sebelumnya, agen Ronaldo, Jorge Mendes, menawarkan kliennya ke City. The Cityzens menyambut tawaran tersebut dengan antusias. Ronaldo bisa menjadi penambal berkualitas sangat bagus untuk lubang di lini depan yang ditinggalkan Sergio Aguero. 

City mengalihkan pandangan kepada Ronaldo setelah buruan utama mereka, Harry Kane, tak dilepas Tottenham Hotspur dengan harga berapa pun, padahal City sudah menyiapkan 150 juta euro untuk memboyong kapten Timnas Inggris tersebut.

Ronaldo digadang-gadang bakal menjadi ujung tombak City sebelum bursa transfer ditutup pada Selasa, 31 Agustus 2021. Persoalannya, Ronaldo masih terikat kontrak dengan Juventus hingga 30 Juli 2022 sehingga dia tak bisa pergi dari Turin secara gratis musim ini. Juve meminta City membayar sekitar 25 juta euro untuk menebus peraih lima Ballon d'Or tersebut.

Jumat (27/8/2021) kemarin, City diperkirakan bakal menyelesaikan proses transfer ini. Di sisi lain, Ronaldo sudah berpamitan dengan rekan-rekannya di Juventus. Ronaldo, sebagaimana dilaporkan Sky Sport, bahkan sudah berkata kepada pelatih Max Allegri bahwa dia ingin meninggalkan Juventus secepatnya. Ronaldo pun absen di latihan pada Jumat pagi dan Allegri memastikan penyerang 36 tahun tersebut tak akan main di pekan kedua Seria A menjamu Empoli.

Namun, situasi berubah dengan cepat. City enggan membayar nilai transfer yang diminta Juventus. Penyebabnya, pelatih Pep Guardiola merasa cukup dengan kekuatan timnya setelah mendatangkan Jack Grealish dari Aston Villa.

Meski tak punya striker resmi setelah Aguero tak memperpanjang kontrak dan pindah ke Barcelona, City tak ingin merogoh kocek terlalu dalam untuk menebus Ronaldo yang usianya sudah sepuh untuk ukuran pesepak bola profesional. Guardiola beberapa kali juga menyebut timnya siap bermain tanpa striker murni sepanjang musim ini. Di dua laga awal Liga Premier, Pep menempatkan Ferran Torres, yang aslinya penyerang sayap, sebagai ujung tombak.

City menyudahi pembicaraan dengan Juventus, juga mengakhiri rembukan dengan Jorge Mendes. Menurut pakar transfer Fabrizio Romano, City tak mencapai kesepakatan, baik dengan Juventus soal nilai transfer Ronaldo maupun dengan Jorge Mendes soal kontrak personal Ronaldo di Etihad Stadium.

Kemudian Manchester United datang menyelinap. United, menurut Fabrizio Romano dalam laporannya di The Guardian, secara cepat menyodorkan tawaran 25 juta euro kepada Juventus. Bianconeri langsung mengiyakan karena Ronaldo sudah kadung mengemas koper. United juga dengan sigap mengontak Jorge Mendes. Tak cuma itu, Bruno Fernandes, gelandang yang sejak dua musim terakhir menjadi sumber utama gol-gol United, menelepon kompatriotnya dan membujuknya untuk bermain di klub yang sama.

Jumat sore waktu Italia, transfer disepakati. Ronaldo pulang ke Old Trafford, stadion yang membesarkan namanya dan yang dia tinggalkan pada 2009. Ronaldo diikat kontrak hingga 2023.

United langsung mengumumkan kesepakatan itu di websitenya. Kehebohan memuncak. Ronaldo langsung menjadi trending topic di Twitter dengan 1,9 juta cuitan dalam waktu dua jam. Sejumlah pengamat menyebut perpindahan ini sebagai transfer tergila musim ini, mengalahkan hijrahnya Lionel Messi dari Barcelona ke PSG.

12 tahun lalu, Ronaldo meninggalkan United semusim setelah mempersembahkan trofi Liga Champions. Kini, Ronaldo kembali datang saat United membangun ulang kekuatan di bawah polesan Ole Gunnar Solskjaer setelah hancur-hancuran karena ditinggal Sir Alex Ferguson. Kontraknya di Manchester Merah memang hanya dua tahun. Namun, CR7 bisa memberi dampak instan karena kondisi fisiknya masih bugar. Kekuatan United kini juga sangat merata karena mereka juga baru saja mengontrak bek Raphael Varane dan penyerang sayap Jadon Sancho.