Meksiko Raih Perunggu Sepak Bola Putra Olimpiade Tokyo

Olimpiade Tokyo 2020 - Olympics
06 Agustus 2021 23:17 WIB Newswire Sepakbola Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Meksiko mengalahkan Jepang dengan skor 3-1 dalam laga perebutan medali perunggu Olimpiade Tokyo. Kemenangan ini sekaligus Timnas Meksiko U-23 sukses membalaskan kekalahan pada babak penyisihan grup.

Bermain di Stadion Saitama, Jumat (6/8/2021), Meksiko mengambil inisiatif serangan sejak awal babak pertama. Diego Lainez menciptakan peluang pertama pada menit keempat setelah aksi individunya berhasil menembus pertahanan Jepang. Sayangnya tembakan pemain yang merumput bersama klub Liga Spanyol Real Betis itu masih mampu di blok pemain belakang Jepang.

Meksiko membuka keunggulan delapan menit berselang. Bek Wataru Endo melakukan pelanggaran terhadap pemain sayap Alexis Vega. Wasit Bamlak Tessema Weyesa yang memimpin pertandingan pun menunjuk titik putih.

Sebastian Cordova yang menjadi eksekutor sukses mengecoh penjaga gawang Kosei Tani. Cordova menendang bola ke ke pojok kanan bawah gawang sementara Tani bergerak ke kiri. Skor 1-0 untuk Meksiko.Pada menit ke-22 Jepang semakin tertinggal. Umpan tendangan bebas Cordova berhasil ditanduk oleh Johan Vasquez sehingga memaksa Tani memungut bola dari gawangnya dua kali.

Timnas Jepang U-23 baru menciptakan peluang pada menit ke-31. Daichi Hayashi melepaskan tembakan dari luar kotak penalti akan tetapi masih dapat digagalkan oleh penjaga gawang Guillermo Ochoa. Upaya Ritsu Doan pada menit ke-44 pun gagal. Tendangannya terlalu lemah sehingga bola berhasil ditangkap Ochoa.

Pada babak kedua, Pelatih Hajime Moriyasu melakukan pergantian pemain. Dia menarik pemain sayap Yuki Soma dan memasukkan Reo Hatate. Jepang pun mencoba bermain lebih agresif.

Ritsu Doan membuang peluang pada menit ke-53 setelah menerima umpan dari Endo. Tendangannya dari tepi kotak penalti melambung di atas gawang Timnas Meksiko.

Jepang semakin terpuruk setelah El Tri, julukan Meksiko mencetak gol ketiga lima menit berselang. Umpan tendangan sudut Sebastian Cordova berhasil disambut dengan sundulan Vega yang gagal ditepis oleh Tani.

Setelah itu Meksiko sempat mendapatkan dua peluang beruntun. Akan tetapi tendangan Uriel Antuna dan Henry Martin masih belum menemui target.

Pada menit ke-75, pemain pengganti Kaoru Mitoma memaksa Ochoa melakukan penyelamatan gemilang. Mitoma melepaskan tendangan keras ke arah pojok kanan atas gawang Meksiko. Beruntung Ochoa masih bisa terbang untuk menepis bola.

Tiga menit berselang, Mitoma akhirnya mencetak gol bagi tim Samurai Biru. Aksi solonya berhasil menembus pertahanan Meksiko dan memaksa Ochoa memungut bola dari gawangnya.

Hasil 3-1 pada laga Meksiko vs Jepang itu membuat skuad asuhan Jaime Arturo Lozano Espin meraih medali perunggu Olimpiade Tokyo. Mereka juga membayar tuntas kekalahan 1-2 dari Jepang pada babak penyisihan Grup A.

Sumber : JIBI/Bisnis.com