Legenda Sepak Bola Belanda Gantung Sepatu

Arjen Robben - Reuters/Michael Dalder
16 Juli 2021 21:37 WIB Mia Chitra Dinisari Sepakbola Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Mantan pemain sayap Groningen, PSV Eindhoven, Chelsea, Real Madrid dan Bayern Munich, Arjen Robben, secara resmi mengumumkan gantung sepatu pada usia 37 tahun.

Dia mengumumkan keputusannya melalui pernyataan yang dia rilis di akun media sosialnya, satu tahun setelah menandatangani kontrak dengan klub masa kecilnya, Groningen.

"Teman-teman sepak bola yang terhormat. Saya telah memutuskan untuk mengakhiri karir sepak bola profesional saya. Pilihan yang sangat sulit. Saya ingin berterima kasih kepada semua orang atas semua dukungan yang menghangatkan hati! Salam, Arjen." tulisnya dikutip dari Marca.

Dalam karir sepak bolanya, Robben memenangkan satu Eredivisie, satu Johan Cruyff Shield, dua gelar Premier League, satu Piala FA, dua Piala Carabao, satu Community Shield, satu trofi LaLiga Santander, satu Supercopa de Espana, delapan gelar Bundesliga, lima piala DFB-Pokal, lima DFL- Piala Super, satu Liga Champions dan satu Piala Super UEFA.

Dia juga nyaris memenangi Piala Dunia 2010, tetapi Belanda dikalahkan 1-0 dari Spanyol di final, dengan Robben menyia-nyiakan peluang besar untuk mengalahkan Iker Casillas dan merebut trofi.

Dalam 706 pertandingan resmi bersama klubnya dan Belanda, Robben mengantongi 246 gol dan memberikan 188 assist.

Namun, ini bukan kali pertama Robben mengumumkan pensiun. Setahun lalu, dia juga mengumumkan pensiun, namun akhirnya bergabung denagn klub awalnya Groningen.

Dikutip dari Bisnis sebelumnya, Robben memulai karier profesional pada 2000 di Groningen dan setelah melalui 52 pertandingan, berselang 2 tahun kemudian hengkang ke PSV Eindhoven, salah satu dari tiga klub terbesar sepanjang sejarah sepak bola Belanda, selain Ajax Amsterdam dan Feyenoord Rotterdam.

Dia merantau ke London, Inggris, untuk merumput bersama Chelsea pada 2004. Setelah tiga musim, dia pindah ke Spanyol untuk berseragam Real Madrid. Pada 2009 dia ke Jerman untuk merumput bersama klub terbesar di Bundesliga, Bayern Munchen.

Sumber : JIBI/Bisnis.com