Brasil Lolos ke Final, Skenario Final Ideal Copa America 2021 di Depan Mata

Timnas Brasil - Instagram @neymarjr
06 Juli 2021 20:17 WIB Chrisna Chaniscara Sepakbola Share :

Harianjogja.com, RIO DE JANEIRO—Timnas Brasil menjejakkan kakinya ke final Copa America 2021 usai melindas Peru dengan skor 1-0 di Estadio Olimpico Nilton Santos, Selasa (6/7/2021) pagi WIB. Ini kali kedua beruntun Brasil lolos ke partai puncak usai menjuarai Copa America 2019. Di babak final, Tim Samba berpeluang menghadapi rival klasik yakni Argentina.

Laga semifinal lain antara Argentina kontra Kolombia bakal dilangsungkan Rabu (7/7/2021) pukul 08.00 WIB di Estadio Nacional Mane Garrincha (live Indosiar). Peluang Brasil untuk mempertahankan gelar cukup besar meski calon lawan yang akan dihadapi relatif berat. Sejak lama, Brasil punya rivalitas tersendiri dengan Argentina. Pertemuan terakhir kedua tim di Copa America adalah semifinal 2019 saat Brasil sukses membekuk Argentina 2-0.

Brasil juga pernah mengalahkan Tim Tango 3-0 pada final turnamen edisi 2007 di Venezuela. Di sisi lain, Kolombia tak bisa dianggap remeh. Yerry Mina dkk. mampu menyingkirkan tim kuat Uruguay di perempat final via adu penalti. Bintang Brasil, Neymar, terang-terangan ingin menghadapi Argentina di partai puncak Copa America di Maracana, Minggu (11/7/2021). Neymar mengaku ingin berhadapan dengan sahabat sekaligus mantan setim saat di Barcelona, Lionel Messi. “Saya ingin melawan Argentina, saya akan mendukung mereka [menang di semifinal lawan Kolombia]. Saya punya banyak teman di sana dan Brasil akan menang di partai final,” ujar striker Paris Saint-Germain itu dilansir ESPN, Selasa.

Neymar yang telah mengemas dua gol sejauh ini bakal menjadi andalan tuan rumah untuk mempertahankan gelar. Selain itu Brasil punya Lucas Paqueta yang mampu mencetak gol penentuan di dua laga terakhir. Setelah menjebol gawang lawan saat Brasil menundukkan Chile 1-0 di perempat final, gelandang Olympique Lyon itu kembali menjadi pembeda lewat golnya ke gawang Peru di semifinal. Paqueta sukses mengoptimalkan umpan tarik Neymar yang sebelumnya berhasil melewati tiga pemain Peru. “Mereka [Peru] tim yang sangat kuat, tapi kami bisa melewati periode yang sulit,” ujar Paqueta.

Sementara itu Argentina diunggulkan lolos ke babak final dengan menggilas Kolombia. Sejauh ini tim asuhan Lionel Scaloni itu tampil impresif. Mereka menjadi pemuncak Grup A tanpa pernah kalah serta mengempaskan Ekuador tiga gol tanpa balas di perempat final. Magis Lionel Messi yang telah mencetak empat gol bakal kembali diharapkan di empat besar. Meski demikian, Argentina pantang jemawa. Kolombia tercatat selalu merepotkan Tim Tango di tiga perjumpaan terakhir dengan sekali menang dan dua kali imbang.

 

Sumber : JIBI/Solopos