Menang Tipis Atas Peru, Brasil Melangkah ke Final Copa America 2021

Neymar di laga Brasil melawan Peru, Jumat (18/6/2021). - Harian Jogja/JIBI - suara.com
06 Juli 2021 08:44 WIB Oktaviano DB Hana Sepakbola Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Brasil akhirnya memastikan satu tempat di final Copa America 2021 setelah mengatasi perlawanan Peru dengan skor 1-0, Selasa (6/7/2021) pagi WIB.

Bermain di Estadio Olimpico Nilton Santos, Brasil, juara bertahan sekaligus tuan rumah itu menang berkat gol yang dicetak Lucas Paqueta pada menit ke-35 setelah menerima umpan dari Neymar.

Secara umum, Brasil mencatatkan 56 persen penguasaan bola berbanding 44 persen milik Peru. Brasil mampu menciptakan 15 percobaan untuk mencetak gol dalam laga itu.

Dari berbagai upaya itu, Brasil memiliki delapan percobaan yang tepat mengarah ke gawang Peru yang dikawal Pedro Gallese. Peru menciptakan tujuh percobaan, tetapi hanya dua upaya yang mengarah tepat ke gawang.

Gol Brasil berawal dari manuver Neymar yang menggiring bola dari tengah lapangan menuju sisi kiri kotak penalti Peru. Memasuki area vital itu, Neymar mengecoh tiga pemain Peru, sebelum memberikan umpan tarik mendatar ke arah Paqueta.

Pemain yang membela klub Prancis, Lyon, itu lansung menyambar umpan itu dengan tendangan keras yang tak mampu dihalau Gallese dan bek Peru lainnya.

Tidak ada gol tercipta hingga akhir laga. Skor 1-0 ini memastikan Brasil melangkah ke final turnamen empat tahunan antarnegara di Amerika Latin tersebut.

Sebagai informasi, laga ini sejatinya merupakan ulangan final 2019. Saat itu, di Stadion Maracana di Rio, Brasil mengatasi Peru 3–1. Itu merupakan gelar Copa America kesembilan untuk tim Samba sepanjang sejarah sejak digelar pertama pada 1996 atau 105 tahun silam.

Brasil melaju ke semifinal setelah tampil sebagai juara Grup B, termasuk dengan menggasak Peru empat gol tanpa balas, dan kemudian di perempat final menaklukkan peringkat keempat Grup A Cile dengan skor tipis 1–0.

Adapun, pertandingan semifinal kedua digelar pada Rabu (6/7/2021) mulai pk. 08.00 WIB antara Argentina dengan Lionel Messi-nya dan Kolombia.

Sumber : Bisnis Indonesia