Menegangkan! Alvaro Morata Bawa Spanyol ke Perempat Final Lewat Perpanjangan Waktu

Alvaro Morata mencetak gol ke gawang Kroasia - UEFA
29 Juni 2021 02:27 WIB Andhika Anggoro Wening Sepakbola Share :

Harianjogja.com, JOGJA - Spanyol mengandaskan Kroasia di babak 16 besar Euro 2020 dengan skor 5-3 lewat pertandingan yang sengit serta menegangkan.

Dalam pertandingan yang digelar di Stadion Parken, Denmark, Senin (28/6/2021) malam, Spanyol mengurung pertahanan Kroasia hingga mempunyai penguasaan bola sampai 80 persen.

Spanyol mempunyai peluang pertama di babak pertama namun sepakan Jose Gaya di sayap kiri hanya menerpa sisi gawang Kroasia yang dijaga Dominik Livakovic.

Tidak lama berselang giliran gelandang serang Spanyol Koke yang mendapat peluang di menit 15. Mendapat umpan matang dari Pedri, Koke yang sudah berhadapan satu lawan satu dengan kiper gagal menaklukkan Livakovic.

Spanyol yang terus menyerang malah kebobolan terlebih dahulu di menit 20 berkat gol bunuh diri Unai Simon yang gagal menahan bola backpass.

Selepas gol ini, pemain Kroasia mulai percaya diri membangun serangan dan beberapa kali mencuri peluang termasuk dari Matteo Kovacic.

Spanyol yang terus mengurung pertahanan Kroasia akhirnya bisa memecah kebuntuan dengan menyamakan kedudukan di menit 38.

Berawal dari tendangan keras yang dilepas Gaya, bola muntah langsung disambar Pablo Sarabia tanpa bisa dihalau Livakovic.

Koke kembali melepaskan tembakan dari luar kotak penalti pada meni 42 tapi bola masih belum tepat sasaran.

Masuk di babak kedua, Spanyol langsung menggebrak dengan kembali menyerang pertahanan Kroasia.

Spanyol langsung unggul cepat 2-1 di menit 56 berkat gol sundulan Cesar Azpilicueta memanfaatkan umpan crossing dari Ferran Torres di sebelah kiri.

Kroasia yang mencoba menyamakan kedudukan mendapat kesempatan emas di menit 68, tapi sepakan bek kiri Kroasia, Josko Gvardiol, bisa ditangkap kiper Spanyol Unai Simon.

Ferran Torres yang bermain untuk Manchester City menjadi mimpi buruk Kroasia. Usai memberikan assist matang untuk Azpilicueta, kini giliran dirinya membuat gol di menit 78.

Berawal dari umpan panjang Pau Torres, Torres dengan cerdik menggiring bola ke dalam kotak penalti mengecoh Gvardiol lalu menjebol gawang Livakovic dengan kaki kiri.

Gool, Kroasia mencetak gol balasan menjadi 3-2 lewat kaki Mislav Orsic usai terjadi kemelut di depan gawang Unai Simon.

Usaha Kroasia menyamakan kedudukan akhir berbuah manis. Taktik pelatih Kroasia Zlatko Dalic memasukkan Orsic dan Mario Pasalic berbuah manis.

Pasalic yang masuk menggantikan Nikola Vllasic berhasil menjebol gawang Unai Simon di menit 93 lewat sundulan kepala berkat umpan Orsic.

Skor 3-3 ternyata tidak berubah. Spanyol yang sudah unggul 3-1 dipaksa bermain imbang oleh Kroasia. Pertandingan berlanjut ke babak tambahan.

Masuk di babak tambahan, Kroasia langsung nyaris unggul tapi tendangan melengkung Orsic menit 92 melayang tipis dari gawang Spanyol.

Unai Simon membayar tuntas kesalahan di babak pertama dengan mengagalkan peluang emas dari tendangan Kramaric di dalam kotak penalti pada menit 95.

Serangan Spanyol di babak tambahan ini tidak segencar di waktu normal setelah pelatih Spanyol Luis Enrique mengganti tiga pemain--Pablo Sarabia, Jose Gaya, dan Ferran Torres-- yang berperan besar dalam terjadinya gol buat tim Matador.

Alvaro Morata menjawab keraguan para suporter La Furia Roja dengan membuat Spanyol kembali unggul usai mencetak gol di menit 100. Menerima umpan matang dari Daniel Olmo, Morata dengan sedikit sentuhan melepas tembakan dari dalam kotak penalti tanpa bisa ditahan Livakovic.

Olmo menjadi bintang buat Spanyol di babak perpanjangan waktu setelah kembali membuat assist untuk gol kelima di menit 103 yang diselesaikan dengan baik oleh Mikel Oyarzabal.

Hingga paruh pertama babak tambahan, Spanyol unggul 5-3 atas Kroasia.

Masuk di babak kedua, Ante Budimir nyaris memperkecil ketertinggalan Kroasia di awal pertandingan tapi sepakan mendatarnya menyamping tipis dari gawang Spanyol.

Hingga wasit Cuneyt Cakir asal Turki meniup pluit akhir di pertandingan ini, skor tetap untuk keunggulan Spanyol 5-3 sekaligus lolos ke babak perempat final Euro 2020 menanti pemenang antara Prancis atau Swiss.

Sumber : JIBI/Bisnis.com