Juventus, Milan, dan Barcelona Tegaskan Dukungan terhadap Hak LGBT

Juventus - Twitter@juventusfcen
23 Juni 2021 21:17 WIB M. Syahran W. Lubis Sepakbola Share :

Harianjogja.com, JAKARTA – Juventus dan Barcelona menambahkan warna pelangi pada logo mereka di media sosial. Langkah ini merupakan respons mereka setelah UEFA menolak permintaan untuk menerangi Allianz Arena di Euro 2020 untuk mendukung hak LGBT.

UEFA menolak permintaan dari dewan kota Munchen untuk menerangi Allianz Arena dengan warna pelangi untuk pertandingan malam ini antara Jerman dan Hungaria.

Permintaan tersebut mengikuti keputusan parlemen Hungaria yang melarang gay tampil dalam materi pendidikan sekolah atau acara TV untuk anak di bawah 18 tahun.

UEFA menolak permintaan tersebut mengingat 'konteks politiknya' dan menganggapnya sebagai 'pesan yang ditujukan pada keputusan yang diambil oleh parlemen nasional Hungaria.'

Juventus dan Barcelona menunjukkan dukungan terhadap hak LGBT dengan menambahkan warna pelangi pada logo mereka di media sosial dan diikuti oleh klub lain seperti Bayer Leverkusen dan Koln. AC Milan juga ikut memposting logo mereka yang berwarna pelangi.

Pemerintah Hungaria tidak mengakui pernikahan gay dan memiliki undang-undang yang membatasi adopsi gay. Menlu Hungaria Peter Szijjarto yang sebelumnya mengatakan bahwa "mencampuradukkan politik dan olahraga" adalah "berbahaya dan berbahaya", menyambut baik keputusan UEFA.

Jerman berhadapan dengan Hungaria di Alianz Arena di Munchen dalam pertandingan terakhir Grup F Euro 2020. 

Sumber : JIBI/Bisnis.com