Perisic Selamatkan Kroasia dari Kekalahan

Pemain Timnas Kroasia, Ivan Perisic - Twitter Euro
19 Juni 2021 02:37 WIB Andhika Anggoro Wening Sepakbola Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Kroasia bermain imbang 1-1 melawan Republik Ceska dalam laga kedua Grup D Euro 2020 yang berlangsung di Stadion Hampden Park, Jumat (18/6/2021).

Ceska yang sudah mengantongi satu kemenangan tidak ingin mengambil resiko dengan bermain bertahan dan membiarkan Kroasia menguasai jalannya laga. Bisa dibilang, di 10 menit pertama, kedua tim bermain hati-hati tidak ingin kebobolan gol cepat.

Peluang pertama di laga ini hadir dari kubu Ceska lewat Jakub Jankto. Tapi sayang bola sepakan Jankto yang menerima umpan tarik dari sayap kanan masih melambung tinggi.

Pelatih Kroasia, Zlatko Dalic, masih memainkan memasang Ante Rebic sebagai ujung tombak. Padahal taktik ini tidak berjalan mulus sewaktu lawan Inggris. Luka Modric di babak pertama juga bermain terlalu ke dalam sehingga tidak bisa menyuplai bola ke lini depan.

Kroasia akhirnya bisa menciptakan peluang dan tendangan pertama ke arah gawang Ceska. Lewat skema kerja sama tendangan sudut, bola sepakan Ivan Perisic di menit 22 dari dalam kotak penalti masih mengarah ke kiper Ceska, Tomas Vaclik.

Drama terjadi di menit 35. Wasit Carlos Del Cerro Grande melihat VAR dan merasa bek Kroasia, Dejan Lovren melakukan pelanggaran ke Patrik Schick saat menghalau bola tendangan sudut Ceska. Usai memeriksa VAR, wasit menghadiahkan penalti ke Ceska.

Schick yang maju sebagai algojo dengan dingin menaklukkan kiper Kroasia Dominik Livakovic di menit 37. Padahal Schick baru saja terkapar dengan hidung berdarah usai disikut Lovren.

Kroasia nyaris menyamakan kedudukan semenit kemudian. Rebic yang sudah berdiri bebas dan tinggal berhadapan dengan kiper malah gagal memanfaatkan peluang. Bola sepakan pemain AC Milan itu menyamping dari gawang Vaclik.

Hingga pluit akhir dibunyikan wasit, babak pertama tetap 1-0 untuk keunggulan Ceska.

Kroasia melakukan start sempurna di babak kedua. Penyerang sayap Kroasia Ivan Perisic berhasil menyamakan kedudukan menjadi 1-1 di menit 47 usai melakukan gerakan ke dalam kotak penalti dari sisi sebelah kiri yang diakhiri sepakan keras ke sudut kanan gawang. Ini adalah gol ke-29 Perisic Bersama Kroasia.

Usai gol ini, jalannya laga lebih seru. Kroasia mencoba lebih cepat lagi melakukan operan saat membangun serangan sedangkan Ceska juga tidak menerapkan taktik bertahan.

Gelandang Ceska, Tomas Soucek, sempat membahayakan gawang Kroasia di menit 52 lewat sepakan jarak jauh, tapi bola masih menyamping tipis.

Nikola Vlasic yang baru saja masuk di babak kedua hampir saja membuat Kroasia unggul, tapi sayang tendangannya pada menit 72 dari dalam kotak penalti melenceng tipis di sisi gawang Ceska.

Ceska juga tidak mau kalah. Tiga menit kemudian anak asuh Jaroslav Silhavy mendapat peluang 90 persen gol, tapi tendangan voli Adam Hlozek malah ke atas gawang. 

Hingga peluit terakhir disemprit wasit, skor masih imbang 1-1. Hasil ini membuat Ceska mengumpulkan empat angka, sementara Kroasia baru mengkoleksi satu poin.

Di laga selanjutnya Grup D, Kroasia akan bertemu Skotlandia, sedangkan Ceska akan bertemu Inggris di Stadion Wembley.

Sumber : JIBI/Bisnis.com