Preview Belgia Vs Rusia: Misi Menjaga Kesempurnaan

Timnas Belgia berlatih menjelang lawan Rusia. - Instagram @belgianreddevils
12 Juni 2021 15:07 WIB Chrisna Chaniscara Sepakbola Share :

Harianjogja.com, SAINT PETERSBURG—Timnas Belgia berada di atas angin dalam duel perdana Grup B Euro 2020 kontra Rusia di Stadion Krestovsky, Saint Petersburg, Rusia, Minggu (13/6/2021) dini hari WIB. Status tuan rumah tampaknya tak bakal banyak membantu Rusia saat menghadapi Belgia yang sedang ganas-ganasnya.

Rode Duivels (Setan Merah), julukan Belgia, menjadi salah satu klub yang paling mengerikan di ajang Kualifikasi Euro. Mereka sukses menyapu bersih 10 laga dengan kemenangan, mencetak 40 gol dan hanya kebobolan tiga gol! Artinya, Romelu Lukaku dkk. mampu menceploskan sekitar empat gol di setiap laga. Keganasan lini serang Belgia bisa kembali memakan korban apabila Rusia tak benar-benar waspada.

Catatan pertandingan mereka cukup inferior saat bertemu Belgia. Tim berjuluk Sbornaya itu kalah lima kali dalam tujuh perjumpaan terakhir tanpa sekalipun meraih kemenangan. Dua pertemuan terakhir juga dimenangi Belgia dengan skor meyakinkan yakni 3-1 dan 4-1. Belgia sendiri tak pernah gagal menjebol gawang lawan dalam 30 penampilan terakhir di semua ajang. Keunggulan produktivitas itu diakui Jan Vertonghen menjadi modal positif bagi tim di Euro 2020. “Kekuatan terbesar kami adalah kemampuan mencetak gol dengan mudah. Kami punya kreativitas individu untuk menciptakan peluang berbahaya,” ujar bek Belgia itu dilansir rbfa.be, Jumat (11/6/2021).

Namun Vertonghen mewanti-wanti rekannya agar tak meremahkan Rusia. Dia mengingatlan Rusia pernah mengejutkan ketika sukses menembus perempat final Piala Dunia 2018 saat bertindah sebagai tuan rumah. Belgia sendiri agak timpang lantaran harus kehilangan otak serangan mereka yakni Kevin De Bruyne dan Eden Hazard. Axel Witsel, Leandro Trossard dan Dedryck Boyata juga masih absen karena cedera. “Mereka tim dengan kualitas individu bagus. Mereka kan menunjukkan keinginan kuat untuk menang di kandang sendiri,” ujar Vertonghen.

Rusia berpotensi memberi perlawanan keras dengan Aleksandr Golovin dan Artem Dzyuba sebagai andalan. Pelatih Rusia, Stanislav Cherchesov, mengatakan hasil laga lawan Belgia akan sangat berpengaruh ke laga selanjutnya. “Setelah itu kami akan menghadapi ujian berat melawan Denmark dan Finlandia,” ujarnya dilansir Express.

Sumber : JIBI/Solopos