UEFA Tunda Jatuhkan Sanksi ke Real Madrid, Barcelona, dan Juventus

Markas UEFA di Nyon, Swiss - Reuters/Denis Balibouse
10 Juni 2021 17:17 WIB Oktaviano DB Hana Sepakbola Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - UEFA resmi menunda sanksi terhadap tiga klub yang telah memutuskan untuk tidak menarik diri dari proyek Liga Super Eropa.

Barcelona, Juventus, dan Real Madrid adalah tiga dari 12 klub pendiri yang tidak menyerah untuk menciptakan kompetisi baru dengan melepaskan diri dari UEFA.

"Menyusul pembukaan proses disipliner terhadap FC Barcelona, Juventus FC dan Real Madrid CF untuk potensi pelanggaran kerangka hukum UEFA sehubungan dengan apa yang disebut proyek 'Liga Super', Badan Banding UEFA telah memutuskan untuk menunda proses sampai lebih lanjut. perhatikan," demikian pernyataan UEFA, seperti dilansir Marca, Rabu (9/6/2021) malam waktu setempat.

Manchester United, Chelsea, Manchester City, Arsenal, Liverpool, Tottenham Hotspur, Inter, AC Milan, dan Atletico Madrid pada awalnya merupakan bagian dari proyek tersebut tetapi memutuskan untuk mundur karena tekanan dari penggemar, pemain, dan pelatih.

Kementerian Kehakiman Swiss sebelumnya telah mengindikasikan bahwa baik UEFA maupun FIFA tidak dapat mengambil tindakan pembalasan terhadap tiga kekuatan sepak bola Eropa yang disebutkan di atas.

Sebelumnya, Presiden UEFA Aleksander Ceferin mengatakan Juventus, Real Madrid, dan Barcelona mengancam organisasi sepak bola Eropa itu.

“Bahkan orang yang paling tak tahu apa-apa di dunia mengerti bahwa Liga Super sudah berakhir,” kata Ceferin kepada The Telegraph dan dikutip Football Italia.

“Saya pikir tiga klub [Real Madrid, Barcelona, Juventus] yang masih berpikir memiliki Liga Super telah membantu kami, sebab kini jauh lebih mudah berbicara solidaritas,” tandasnya.

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia