Advertisement

Euro 2020 Mulai Berlakukan Aturan Handball Baru, Begini Rinciannya

M. Syahran W. Lubis
Selasa, 08 Juni 2021 - 12:07 WIB
Budi Cahyana
Euro 2020 Mulai Berlakukan Aturan Handball Baru, Begini Rinciannya Seorang wasit sepak bola mengisyaratkan terjadi handball. - Mirror

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA – Aturan handball yang baru akan digunakan di Euro 2020.

Regulasi baru itu dirancang untuk tidak menghukum penyerang jika mereka secara tidak sengaja melakukan handball dalam upaya mencetak gol.

Advertisement

Aturan itu diperkenalkan oleh Dewan Asosiasi Sepak Bola Internasional (IFAB) pada Maret dan akan mulai digunakan di seluruh dunia bulan depan.

Ada peluang untuk memberlakukan aturan baru itu lebih cepat jika UEFA menginginkannya, namun Roberto Rosetti, ketua komite wasit mereka, mengatakan ofisial akan menggunakan aturan baru segera setelah pertandingan pembukaan Euro 2020 antara Turki dan Italia di Grup A.

"Undang-undang telah ditulis ulang lebih sesuai dengan semangat sepak bola dan memberikan pemain kebebasan untuk bermain," kata pelatih asal Italia itu.

Ofisial menyebutkan argumen “posisi tidak wajar” dan mengklarifikasi bahwa: “Tidak setiap sentuhan tangan/lengan pemain dengan bola adalah pelanggaran”.

Berita tentang perubahan aturan bola tangan ini akan menjadi kejutan yang disambut baik oleh para penggemar sepak bola, terutama dengan kontroversi seputar video asisten wasit (VAR) dan pertandingan Liga Primer Inggris.

Musim lalu di kompetisi papan atas Inggris itu terjadi handball yang tidak disengaja dari seorang penyerang dalam proses untuk mencetak gol dan dia dihukum.

Ini terjadi pada pertandingan Fulham melawan Tottenham Hotspur pada 4 Maret, di mana gol penyama kedudukan The Cottagers dianulir karena bola mengenai Mario Lemina menjelang gol yang decetak Josh Maja.

Berikut aturan baru handball:

= Dengan sengaja menyentuh bola dengan tangan/lengan, misalnya menggerakkan tangan/lengan ke arah bola;

= Menyentuh bola dengan tangan/lengan mereka ketika itu telah membuat tubuh mereka “lebih besar” secara tidak wajar. Seorang pemain dianggap telah membuat tubuhnya lebih besar secara tidak wajar ketika posisi tangan/lengannya bukan merupakan konsekuensi dari, atau dapat dibenarkan oleh, gerakan tubuh pemain untuk situasi tertentu. Dengan menempatkan tangan/lengannya dalam posisi seperti itu, pemain mengambil risiko tangan/lengannya terkena bola dan dihukum; atau

= mencetak gol ke gawang lawan langsung dari tangan/lengan mereka, meskipun tidak disengaja; atau mencetak gol segera setelah bola menyentuh tangan/lengan mereka, meskipun tidak disengaja.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : JIBI/Bisnis.com

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

alt

Olimpiade Paris 2024, Obor Api Dimulai Dinyalakan dari Reruntuhan Kuil Hera di Yunani

Olahraga
| Senin, 15 April 2024, 11:37 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement