Hasil Uji Coba Piala Eropa, Italia Pesta Gol

Dua andalan lini depan Italia, Ciro Immobile (kanan) dan Lorenzo Insigne, merayakan gol ke gawang Republik Cheska. - UEFA.com
05 Juni 2021 19:27 WIB M. Syahran W. Lubis Sepakbola Share :

Harianjogja.com, JAKARTA – Spanyol imbang tanpa gol kontra Portugal, sementara Italia membantai Republik Cheska dalam rangkaian pertandingan uji coba menjelang Piala Eropa (Euro) 2020 yang digelar pada Sabtu (5/6/2021) dini hari WIB.

Spanyol menjamu Portugal, juara bertahan Euro, di Stadion Wanda Metropolitano. Pertandingan tersebut menjadi laga internasional pertama di Spanyol dengan kehadiran penonton sejak pandemi Covid-19.

Sekitar 15.000 penonton sempat terhenyak ketika gawang tuan rumah Spanyol kebobolan pada menit ke-23 lewat sundulan Jose Fonte yang gagal ditahan kiper Unai Simon. Namun gol tersebut dianulir karena adanya pelanggaran terhadap Pau Torres.

Spanyol mulai bangkit pada babak kedua dan sempat mendapat peluang melalui Alvaro Morata dan Pablo Sarabia, tetapi gagal menghasilkan gol.

Sekitar 2 menit menjelang pertandingan setelah kiper Portugal Rui Patricio dapat menggagalkan upaya Ferran Torres dari jarak dekat, sebelum tendangan Morata membentur mistar pada waktu tambahan.

Sementara itu, Italia melumat tamunya Republik Cheska di Stadion Renato Dall Ara di Bologna dengan skor telak 4–0.

Ciro Immobile membuat tuan rumah unggul pada menit ke-23, ketika ia memanfaatkan umpan lemah dan menyapu bola ke gawang setelah sebelumnya melakukan gocekan di depan bek Cheska.

Gelandang Inter Milan Nicolo Barella menggandakan keunggulan bagi Italia sebelum turun minum, ketika dia menggiring bola ke arah gawang dan melepaskan tembakan dari luar kotak penalti.

Lorenzo Insigne yang merupakan pemain Napoli, menandai ulang tahunnya yang ke-30 dengan sebuah gol pada menit ke-66, ketika ia mengambil umpan Immobile dan mengirim tendangan kaki kanan yang tajam melewati kiper.

Insigne kemudian menjadi kreator beberapa menit kemudian, ketika dia memberi umpan kepada Domenico Beradi yang mengubah skor menjadi 4–0.

Dalam uji coba lainnya, tuan rumah Hungaria menundukkan tim lemah Siprus hanya dengan skor 1-0 di Puskas Arena di Budapest. Satu-satunya gol tim Magyar dicetak Andras Schafer pada menit ke-36 dengan memaksimalkan assist Kevin Varge.

Hungaria berpeluang besar menggandakan keunggulan ketika mendapatkan hadiah penalti pada menit ke-86, tetapi eksekusi pemain pengganti Nemanja Nikolic gagal membuahkan gol. Nikolic masuk menggantikan Janos Hahn ketika pertandingan berjalan 1 jam.

Kemenangan tipis atas tim lemah Siprus menunjukkan bahwa Hungaria, yang ditangani mantan pemain Sampdoria, Brescia, dan Eintracht Frankfurt Marco Rossi asal Italia itu bakal kesulitan bertarung di Euro 2020.

Kekuatan masa lalu sebagai runner-up Piala Dunia 1938 dan 1954 itu di Euro 2020 bergabung di Grup F bersama tiga tim raksasa saat ini yakni juara bertahan Portugal, juara Piala Dunia empat kali Jerman, serta juara Piala Dunia dua kali Prancis.

Sumber : Bisnis Indonesia