Preview Euro 2020: Bersaing Menjadi Pendamping Gli Azzurri di Grup A

Skuat Italia untuk Euro 2020. - Instagram @azzurri
03 Juni 2021 18:17 WIB Chrisna Chaniscara Sepakbola Share :

Harianjogja.com, JOGJA—Tak ada yang meragukan status favorit yang disandang Timnas Italia di Grup A Euro 2020. Sejak dilatih Roberto Mancini sejak Mei 2018, Gli Azzurri memang memiliki performa istimewa.

Seluruh partai di kualifikasi Euro 2020 berhasil disapu bersih Ciro Immobile dkk. dengan kemenangan. Bahkan Mancini sempat membawa Italia meraih 11 kemenangan beruntun pada 2018 hingga 2019.

Superioritas ini bisa makin menjadi-jadi lantaran Gli Azzurri bakal tampil di hadapan publik sendiri di fase grup Euro. Tiga partai mereka di Grup A bakal berlangsung di Stadion Olimpico. Di atas kertas, Leonardo Bonucci dkk. kemungkinan tak akan kesulitan melaju ke babak selanjutnya. Praktis, tiga tim lain yakni Wales, Swiss dan Turki harus bersaing keras untuk memperebutkan satu slot tersisa untuk lolos dari Grup A.

Swiss sedikit diunggulkan untuk mendamping Italia ketimbang Turki dan Wales jika melihat kiprah mereka di kualifikasi Euro. Tim asuhan Vladimir Petkovic melaju ke turnamen dengan status juara Grup D dengan lima kemenangan, dua imbang dan hanya sekali kalah. La Nati, julukan Timnas Swiss, belakangan juga mampu meladeni Italia. Swiss mampu mengimbangi Italia di tiga pertemuan terakhir meski kali terakhir kedua tim bersua pada 2010 silam.

Swiss yang masih mengandalkan pemain macam Granit Xhaka dan Xherdan Shaqiri kemungkinan bakal saling sikut dengan Turki untuk menemani Italia lolos dari Grup A. Turki punya rekor apik atas Swiss dengan catatan lima kemenangan dalam sembilan pertemuan terakhir. Pada fase kualifikasi, performa tim asuhan Senol Gunes juga mengesankan. Mereka cuma sekali kalah di Grup H. Burak Yilmaz dkk. bahkan sempat mempermalukan juara Piala Dunia 2018, Prancis, dengan skor 2-0.

Sementara itu, Wales tetap berpotensi menghadirkan kejutan meski tak diunggulkan di Grup A. Jangan lupa, The Dragons sukses menembus semifinal dalam gelaran Euro 2016 lalu. Mereka bakal kembali mengandalkan magis Gareth Bale untuk mengejutkan para pesaing. Winger 33 tahun itu telah mencetak 33 gol bagi Timnas Wales.