Gantikan Gennaro Gattuso, Luciano Spalletti Jadi Pelatih Baru Napoli

Pelatih Napoli Luciano Spalletti - Reuters
30 Mei 2021 02:27 WIB M. Syahran W. Lubis Sepakbola Share :

Bisnis.com, JAKARTA – Napoli menunjuk mantan pelatih Roma dan Inter Milan Luciano Spalletti untuk menggantikan Gennaro Gattuso yang dipecat setelah gagal secara tragis ke Liga Champions Eropa.

Gattuso dipecat Napoli setelah finis kelima di klasemen Serie A Italia, tetapi hanya 2 hari kemudian dia langsung dipercaya untuk menukangi Fiorentina.

Spalletti, 62 tahun, kembali ke manajemen untuk pertama kalinya sejak dia dipecat oleh Inter Milan pada 2019. "Selamat datang, Luciano, kita akan bekerja sama dengan baik," kata Presiden Napoli Aurelio de Laurentiis dalam pernyataannya menyambut Spalletti pada Sabtu (29/5/2021).

BACA JUGA : Dipecat Napoli, Gattuso Kini Resmi Tangani Fiorentina 

Kedatangan Spalletti membawa banyak pengalaman setelah mengelola 482 pertandingan Serie A dan memenangkan dua Coppa Italia dan Piala Super Italia bersama Roma, selain dua gelar liga Rusia dan satu kemenangan piala selama waktunya di Zenit St. Petersburg.

Pria kelahiran Florence pada 7 Maret 1959 itu merupakan mantan gelandang Entella, Spezia, Viareggio, dan Empoli.

Sebagai pelatih, selain pernah bersama Roma, Inter, dan Zenit, Spalletti pernah dipercaya menukangi sejumlah klub Italia yakni Empoli, Sampdoria, Udinese, Venezia, dan Ancona.

Ini adalah perubahan manajerial terbaru di papan atas Italia pekan ini setelah terakhir Juventus menunjuk kembali mantan bos Massimiliano Allegri untuk menggantikan Andrea Pirlo.

BACA JUGA : Liga Italia: Milan, Juventus ke Liga Champions, Napoli Gagal

Sementara itu, Antonio Conte meninggalkan Inter Milan setelah memenangkan gelar Serie A dan akan digantikan oleh mantan pelatih Lazio Simone Inzaghi.

Sumber : BBC