Barcelona Cuci Gudang, Pemain Bintang Akan Didepak

Sergio Busquets - FC Barca
25 Mei 2021 23:47 WIB Newswire Sepakbola Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Presiden Barcelona, Joan Laporta, akan membuang sejumlah pemain bintang, seperti Gerard Pique, Jordi Alba, dan Segio Busquets.

Tim Ronald Koeman bersiap melakukan perombakan setelah menyelesaikan Liga Spanyol dengan finis di urutan ketiga dan tersingkir di babak 16 besar Liga Champions musim ini. Langkah itu diharapkan bisa membantu mengatasi kondisi keuangan klub yang terkena dampak pandemi virus corona.

Satu pemain Barca yang tidak ingin dilepas adalah Lionel Messi, meski kontraknya berakhir musim panas ini di tengah spekulasi kepindahannya ke Manchester City. Klub berupaya keras agar pemain Argentina itu tetap bertahan.

Menurut Sport, jika Messi memutuskan tetap di Camp Nou, Barcelona kemungkinan akan menjual Antoine Griezmann.

Media Spanyol menyebut bahwa Barca ingin mengumpulkan dana dengan mengurangi tagihan gaji pemain secara drastis dengan menjual Griezmann dan Philippe Coutinho yang sebelumnya dikaitkan dengan Arsenal.

Apabila Messi akhirnya pergi dari Barcelona, harga tinggi akan dipasang untuk Griezmann, mantan penyerang Atletido Madrid.

Pemain lain yang ingin dipertahankan adalah pemain sayap Ousmane Dembele, yang sebelumnya berada di radar Manchester United.

Kontrak Dembele yang saat ini dijalani akan berakhir pada 2022. Barca berharap bisa mengikatnya dengan perpanjangan kontrak. Namun, pemain Prancis itu akan dijual musim panas ini jika tidak ada kesepakatan yang dicapai.

Miralem Pjanic, Martin Braithwaite, Junior Firpo, dan Neto, semuanya bisa dijual. Selain itu, bek tengah Samuel Umtiti yang sebelumnya dikaitkan dengan Arsenal, juga siap dilepas.

Matheus Fernandes juga akan tersedia di bursa transfer. Sementara, lulusan akademi klub, Riqui Puig kemungkinan akan diizinkan pergi dengan status pinjaman.

Gerard Pique, Jordi Alba, Sergio Busquesr dan Sergi Roberto, bisa juga tersedia. Namun, Barcelona juga ingin mereka bertahan dengan persyaratan yang dikurang.

Klub ingin keempat pemain itu tetap di tim, tetapi dengan persyaratan yang dikurangi. Tetapi, klub siap menjual mereka jika tidak setuju dengan kesepakatan itu,

Selain Messi, hanya ada tujuh pemain yang posisinya aman di Barcelona. Mereka adalah Frenkie de Jong, Marc-Andre ter Stegen, Ronald Araujo, Oscar Mingueza, Pedri, Ilaix Moriba dan Ansu Fati.

Sementara itu, Sergino Dest, Fransisco Trincao, dan Clement Lenglet kemungkinan akan tetap tinggal.

Koeman dikatakan menyukai Dest, tetapi posisi bek kanan bisa berubah jika pelatih kepala diganti. Trincao akan aman jika Dembele pergi. Sementara, Barca dikatakan tidak akan menjual Lenglet, tetapi akan mempertimbangkan tawaran untuk bek tengah tersebut.

Laporta baru-baru ini berbicara kepada XXIV Festa de L'Esport Catala, bahwa timnya berada dalam tahap perombakan. "Sebuah siklus telah selesai, kami sedang memasuki proses pembaruan."

"Mulai minggu depan, keputusan akan dibuat untuk membangun tim yang lebih kompetitif tahun depan untuk memenangkan Liga Champions dan LaLiga."

"Ketika saya berbicara tentang akhir siklus dan pembaruan, itu karena saya pikir itulah yang harus kami lakukan."

Barcelona tampil kurang konsisten pada awal musim 2020/21, tetapi membaik sejak awal tahun atau pertengahan musim sehingga berhasil naik ke papan atas klasemen. Namun, mereka terlempar dari persaingan gelar juara Liga Spanyol memasuki laga akhir dan harus puas finis di urutan ketiga, di belakang sang juara musim ini, Atletico Madrid dan Real Madrid.

Sumber : JIBI/Bisnis.com