Atletico Madrid Punya Masa Depan Cerah di Liga Spanyol

Atletico Madrid - Instagram @atleticodemadrid
24 Mei 2021 16:17 WIB Chrisna Chaniscara Sepakbola Share :

Harianjogja.com, VALLADOLID—Luis Suarez tak kuasa menahan emosi. Duduk di rumput lapangan Stadion Jose Zorilla, air mata mendadak bercucuran dari striker asal Uruguay tersebut. Suarez baru saja menjalani momen emosional usai membawa tim barunya, Atletico Madrid, menjuarai Liga Primera 2020/2021. Perasaan campur aduk itu kemudian dia abadikan lewat telepon genggamnya.

Ya, Suarez datang ke Los Rojiblancos sebagai pemain “buangan” Barcelona. Usai enam tahun setia bersama Blaugrana, dia dicampakkan ketika Ronald Koeman menjadi pelatih baru di awal musim. Atletico yang mengetahui potensi besar yang masih berada di dalam diri Suarez lantas menerimanya dengan tangan terbuka. Sebanyak 21 gol di kompetisi domestik menjadi “balas jasa” Suarez atas kepercayaan Pelatih Diego Simeone.

Salah satu gol tersebut pun menjadi penentu kemenangan Atletico 2-1 atas Valladolid, Minggu (23/5/2021) dini hari WIB. Atletico yang butuh kemenangan untuk menghindari kudeta Real Madrid sempat ketar-ketir saat Oscar Plano menjebol gawang Jan Oblak di menit ke-18. Namun gol Angel Correa di menit ke-57 dan Suarez di menit ke-67 memastikan kemenangan Atletico sekaligus menjemput gelar Liga Primera ke-11 dalam sejarah klub. Itu juga menjadi trofi perdana klub di kompetisi domestik sejak 2013/2014. “Ini sulit sekali, situasi yang harus dijalani seseorang di mana mereka memandang rendah saya dan Atletico membukakan pintu buat saya,” ujar Suarez dilansir Marca, Minggu.

Atletico memang baru saja mengalami musim yang luar biasa. Di tengah pandemi Covid-19, mereka justru sukses mendikte duopoli yakni Barcelona dan Real Madrid di kompetisi. Koke dkk. tercatat tak tergoyahkan di puncak klasemen selama 32 dari 38 pekan. Los Rojiblancos bahkan tak terusik di singgasana sejak pekan ke-14 meski sempat kehabisan bensin jelang kompetisi usai.

Football Espana meramalkan gelar tersebut hanyalah menjadi gertakan awal Atletico bagi Barca dan Madrid. Dengan komposisi tim saat ini, Atletico dapat menjadi kandidat juara serius Liga Primera di tahun-tahun mendatang. Klub sendiri baru saja menjamin perpanjangan kontrak Diego Simeone plus bintang mereka, Suarez. Pemain kunci lain seperti Oblak, Marcos Llorente, Koke dan Stefan Savic juga telah menyatakan kesetiaannya.

Yannick Carrasco dan Angel Correa juga kerap tampil luar biasa saat dipercaya. Adapun pemain seperti Joao Felix dan Thomas Lemar masih punya ruang untuk lebih berkembang di Atetico. Simeone berharap bisa terus memberikan stabilitas permainan di Los Rojiblancos. “Saya dulu tahu, dan masih merasa seperti itu, bahwa klub akan terus tumbuh dan saya harap bisa terus seperti ini,” ujar Simeone yang menangani Atletico sejak 2011 dan mempersembahkan delapan trofi di semua ajang.

Sementara itu nasib Zinedine Zidane di Madrid kian tak menentu usai mereka gagal mempertahankan gelar. Meski menang 2-1 atas Villarreal di partai terakhir, Madrid tetap menjadi runner up dengan tertinggal dua poin dari Atletico. “Kami akan lihat apa yang akan segera terjadi. Tidak hanya dengan saya, [tapi] dengan semua yang akan dilakukan klub untuk musim depan,” ujar Zidane yang kontraknya masih tersisa 12 bulan.