Trofi Coppa Italia Tak Cukup Amankan Pirlo di Juventus

Andrea Pirlo - Instagram
21 Mei 2021 18:07 WIB Chrisna Chaniscara Sepakbola Share :

Harianjogja.com, REGGIO EMILIA—Masa depan Andrea Pirlo sebagai pelatih Juventus dikabarkan belum aman meski tim baru saja memenangi trofi Coppa Italia. Posisi Juventus di klasemen akhir Serie-A disebut akan menentukan kelanjutan karier Pirlo di Nyonya Tua. Sejumlah media Italia melaporkan Juventus bakal memastikan nasib sang pelatih usai duel tim kontra Bologna di laga pamungkas Serie-A akhir pekan ini.

Dilansir Football Italia, Pirlo belum aman dari pemecatan meski berhasil membawa Juve kampiun Coppa Italia usai mengalahkan Atalanta 2-1 di Stadion Mapei, Kamis (20/5/2021) dini hari WIB. Trofi ke-14 Juve di ajang tersebut itu sekaligus menjadi gelar mayor pertama Pirlo dalam karier kepelatihan. Sebelumnya Pirlo memetik gelar Piala Super Italia. Namun capaian itu dikabarkan belum cukup membuat manajemen klub untuk kembali memercayai sang pelatih musim depan.

Hal ini karena Cristiano Ronaldo dkk. gagal mempertahankan gelar Serie-A dan hanya mentok di babak 16 besar Liga Champions. Juventus pun terancam gagal lolos ke Liga Champions musim depan karena masih berada di posisi kelima klasemen dengan 75 poin. Mereka tertinggal satu poin dari AC Milan dan Napoli di posisi ketiga dan keempat. Meski menang atas Bologna di partai terakhir, Juventus bisa tetap gagal terkualifikasi ke turnamen bergengsi Eropa andai Milan mampu membekuk Atalanta serta Napoli menghajar Verona di pekan penentuan.

Pirlo sendiri optimistis bakal tetap menukangi tim musim depan. Kontrak Pirlo di Bianconeri baru berakhir pada Juni 2022. Sejumlah media Italia melaporkan manajemen klub bakal memutuskan nasib Pirlo pekan depan atau usai Serie-A rampung. Sejauh ini nama-nama seperti Gennaro Gattuso, Zinedine Zidane, Max Allegri dan Simone Inzaghi mulai dikaitkan dengan Juve. “Tentu saja saya akan memastikan diri tetap berada dalam peran ini. Klub akan memutuskan, tapi saya mencintai pekerjaan ini, saya mencintai klub ini,” kata Pirlo dilansir RAI Sport, Kamis.

Musim ini memang tak mudah bagi Pirlo. Sebagai pelatih minim pengalaman, dia harus berjuang meracik tim tanpa adanya pramusim. Sebagian pemain Juve pun dikabarkan tak lagi mendukung Pirlo. Namun hal itu setidaknya terbantahkan ketika Bianconeri menjuarai Coppa Italia. Penggawa Juve sukses menaklukkan Atalanta yang tengah on fire sepanjang musim.

Juventus unggul lebih dulu via Dejan Kulusevski di menit ke-31. Atalanta sempat mengejar usai gol Ruslan Malinovsky empat menit jelang jeda. Namun Juve mampu menunjukkan mental juara setelah Federico Chiesa memastikan kemenangan tim di menit ke-73. Chiesa menyebut raihan itu sebagai pencapaian luar biasa. “Untuk mereka yang menderita dalam beberapa bulan terakhir, ini ganjaran dari usaha pada bulan-bulan sulit,” ujarnya.

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia