Kalahkan Atalanta, Juventus Juara Coppa Italia ke-14 Kalinya

Pemain Juventus, Federico Chiesa - La Stampa
20 Mei 2021 07:27 WIB Andhika Anggoro Wening Sepakbola Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Dejan Kulusevski bermain gemilang di final Coppa Italia dengan mencetak satu gol dan memberikan assist untuk Federico Chiesa, saat Juventus mengalahkan Atalanta 2-1.  Hasil tersebut membawa Juve memenangkan Coppa Italia untuk ke-14 kalinya.

La Dea julukan Atalanta berharap bisa memenangkan trofi Coppa Italia pertama mereka sejak 1963, setelah kalah di Final dari Lazio dua tahun lalu, sementara Juve menginginkan edisi ke-14 Coppa Italia mereka.

BACA JUGA : Jika Tak Mau Tinggalkan Liga Super, Juventus Bakal Didepak

Juve tidak bisa memainkan Alex Sandro akibat diskors dan Leonardo Bonucci mengalami cedera lutut.

Dalam pertandingan yang disaksikan 4.300 di Stadion Mapei di Reggio Emilia, jumlah terbesar sejak lockdown dimulai pada Maret 2020, Juve dan Atalanta saling bergantian mengambil alig serangan di tiap babak.

Atalanta yang menguasai jalannya babak pertama mendapatkan peluang di menit-menit awal laga dari Duvan Zapata dan Jose Luis Palomino.

Kiper Gianluigi Buffon juga juga mengagalkan peluang Duvan Zapata yang memanfaatkan lemahnnya back-pass De Ligt.

Juventus yang banyak tertekan malah memimpin pertandingan terlebih dahulu. Juan Cuadrado yang mencuri bola dari Robin Gosens memicu serangan balik dan Dejan Kulusevski melepaskan tendangan melengkung yang fantastis ke sudut tiang  jauh.

Atalanta akhirnya mendapatkan gol mereka, saat Remo Freuler mengambil bola dari Rabiot di lini tengah yang diakhiri tendangan roket Malinovskyi ke gawang Buffon.

BACA JUGA : Juventus Serius Pertimbangkan Gattuso Gantikan Pirlo

Setelah jeda, Juve mengambil alih serangan di babak kedua. Peluang hadir dari sundulan McKennie yang  melebar tipis dari umpan silang Cuadrado. De Ligt melakukan tekel penyelamatan di depan gawang yang sangat berani untuk menghentikan umpan balik Cristian Romero dari jarak enam meter.

Federico Chiesa mendapat dua peluang namun belum bisa membuat gol termasuk sepakan kaki kanannya yang membentur mistar gawang Atalanta. 

Juve yang jauh lebih agresif di babak kedua akhirnya unggul 2-1 atas Atalanta. Chiesa yang melakukan gerakan memotong ke dalam dari kiri, menyelesaikan one-two cepat dengan Kulusevski yang diselesaikan dengan gol ke gawang Atalanta yang dijaga Gollini lewat sepakan bagian dalam kaki kirinya dari jarak delapan yard.

Skor 2-1 untuk keunggulan Juventus bertahan hingga pertandingan selesai. Juve menjadi juara Coppa Italia untuk yang ke-14 kalinya dalam 20 laga final.

Hasil Atalanta vs Juventus:

Atalanta 1-2 Juventus

Kulusevski 32 (J), Malinovskyi 42 (A), Chiesa 73 (J)

Susunan pemain Atalanta vs Juventus:

Atalanta: Gollini; Toloi (Djimsiti 76), Romero, Palomino; Hateboer (Ilicic 76), De Roon, Freuler, Gosens (Miranchuk 83); Pessina (Pasalic 68); Malinovskyi (Muriel 68), Duvan Zapata

Juventus: Buffon; Cuadrado, De Ligt, Chiellini, Danilo; McKennie, Bentancur, Rabiot, Chiesa (Dybala 74); Kulusevski (Bonucci 83), Ronaldo

Wasit: Massa

Kartu merah: Toloi 88 (A, dari bangku cadangan)

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia