Laga Juve-Inter, Diwarnai 2 Kartu Merah, Juve Menang 3-2

Penyerang Juventus Cristiano Ronaldo (kiri) setelah menjebol gawang Inter Milan.Twitterjuventusfcen
16 Mei 2021 05:37 WIB M. Syahran W. Lubis Sepakbola Share :

Harianjogja.com, JAKARTA – Diwarnai dengan tiga eksekusi penalti dan satu gol bunuh diri, Juventus menundukkan Inter Milan sang juara dengan skor tipis 3–2 di Stadion Allianz di Turin dalam pertandingan yang berakhir pada Minggu (16/5/2021) dini hari WIB.

Dalam pertandingan Derby d’Italia pekan ke-37 Serie A Italia, kemenangan tuan rumah ditentukan penalti yang dieksekusi Juan Guillermo Cuadrado pada menit ke-88.

Cristiano Ronaldo membuka keunggulan Juventus pada menit ke-24. Eksekusi penaltinya dapat diblok penjaga gawang sekaligus kapten Inter Samir Handanovic, tetapi bola rebound kembali disambar penyerang asal Portugal itu untuk mengubah skor menjadi 1–0.

Wasit Giampaolo Calvarese menunjuk titik putih setelah bek Inter Matteo Darmian melanggar bek sekaligus kapten Juventus Giorgio Chiellini di area terlarang.

Berselang 11 menit kemudian giliran Inter mendapatkan hadiah tendangan penalti. Kali ini wasit menetapkan tendangan hukuman itu setelah Matthijs de Ligt menginjak bagian belakang kaki Lautaro Martinez. Romelu Lukaku yang bertindak sebagai algojo sukses menjebol gawang Juventus yang dikawal kiper Wojciech Szczesny, skor 1–1.

Cuadrado memulihkan keunggulan Juventus ketika babak pertama telah memasuki menit ke-3 injury time. Skor 2-1 untuk Juventus hingga turun minum.

Memasuki babak kedua, 10 menit berjalan, Juventus harus bermain dengan 10 orang setelah gelandang Rodrigo Bentancur terkena kartu kuning kedua.

Unggul jumlah pemain membuat Inter meningkatkan intensitas tekanan ke pertahanan Juventus dan pada menit ke-83 Chiellini dipaksa menjebol gawang sendiri sehingga kedudukan berubah menjadi imbang 2–2.

Kemenangan Juventus ditentukan gol lewat titik penalti yang sukses dieksekusi Cuadrado pada menit ke-88. Ketika itu Ronaldo, yang biasanya mengeksekusi penalti, sudah ditarik keluar lapangan pada menit ke-70 untuk digantikan Alvaro Morata.

Wasit menetapkan penalti kali ini karena pemain Inter Ivan Perisic melanggar Cuadrado di kotak terlarang.

Tensi pertandingan yang meningkat panas membuat Inter juga harus mengakhiri laga dengan 10 pemain setelah gelandang Marcelo Brozovic terkena dua kartu kuning hanya dalam rentang waktu 4 menit, pada menit ke-88 dan ketika injury time berjalan 2 menit.

Dengan hasil ini, Juventus memelihara peluang untuk finis di empat besar yang merupakan zona tiket fase grup Liga Champions Eropa musim depan.

Perolehan nilai tim asuhan Andrea Pirlo itu saat ini 75, sama dengan AC Milan, di bawah Inter—yang ditangani mantan andalan Juventus selama 13 tahun Antonio Conte dan telah dipastikan menjadi Scudetto alias juara dengan nilai saat ini 88—serta Atalanta 78.

Hasil pertandingan pekan ke-37 hingga Minggu dini hari WIB: Genoa 3 vs Atalanta 4; Spezia 4 vs Torino 1; Juventus 3 vs Inter Milan 2.

Sumber : Bisnis Indonesia