Atasi Genoa, Atalanta Pastikan Raih Tiket Liga Champions

Gelandang serang Atalanta Ruslan Malinovskyi. - Twitter@Atalanta_BC
16 Mei 2021 02:57 WIB M. Syahran W. Lubis Sepakbola Share :

Harianjogja.com, JAKARTA – Atalanta memastikan menggenggam tiket Liga Champions Eropa musim depan setelah mengatasi Genoa 4–3 dalam pertandingan pekan ke-37 Serie A Italia, sedangkan Spezia aman dari ancaman degradasi selepas menundukkan Torino 4–1.

Dalam gelaran di Stadion Luigi Ferraris di Genoa pada Sabtu (15/5/2021) malam WIB, empat gol tim tamu dari Bergamo dicetak oleh empat pemain berbeda dan hingga akhir babak pertama, tim asuhan Gian Piero Gasperini telah unggul 0–3.

Pertandingan baru berjalan 9 menit, ujung tombak Atalanta Duvan Zapata telah membuka skor untuk tim tamu dan berselang 17 menit kemudian giliran Ruslan Malinovkyi mencatatkan namanya di papan skor untuk menggandakan keunggulan La Dea alias Sang Sewi menjadi 0–2.

Sekitar 2 menit menjelang wasit Livio Marinelli mengakhiri pertandingan babak pertama, Atalanta memperbesar keunggulan setelah Robins Gosens menjebol gawang Genoa yang dikawal kiper Federico Marchetti.

Memasuki babak kedua, pelatih Genoa Davide Ballardini memasukkan penyerang veteran berusia 37 tahun Goran Pandev untuk menggantikan Mattia Destro dan striker Eldor Shomurodov menggantikan Francesco Cassata.

Hasilnya, baru 4 menit babak kedua berjalan, Shomurodov, penyerang asal Uzbekistan, berhasil menjebol gawang Atalanta yang dikawal Pierluigi Gollini sehingga skor menjadi 1–3.

Namun, hanya 3 menit kemudian, Atalanta mencetak gol keempat lewat kontribusi Mario Pasalic yang baru dimasukkan pelatih Gaaperini ketika babak kedua dimulai, skor 1–4.

Genoa mencoba meneruskan kebangkitan ketika Pandev sukses mengonversi tendangan penalti menjadi gol pada menit ke-67 dan Shomurodov mencetak gol keduanya—atau ketiga untuk Genoa—sekitar 7 menit menjelang pertandingan selesai.

Dengan kemenangan itu, Atalanta dipastikan finis minimal di setrip keempat sehingga meraih tiket Liga Champions musim depan. Jika nilai Atalanta di ujung kompetisi sama dengan Juventus yang kini di slot kelima, Atalanta berhak menempati posisi lebih tinggi karena unggul head-to-head 2–1.

Sementara itu, bagi Rossoblu (Merah Biru), julukan Genoa, kekalahan ini menahan tim kota pelabuhan tersebut di peringkat ke-14 dengan nilai 49, tetapi telah aman dari ancaman degradasi ke Serie B.

Dalam pertandingan lainnya pada Sabtu malam WIB, Spezia menggasak Torino dengan skor telak 4–1 dalam pertandingan yang mempertemukan dua tim yang tengah berjuang menghindari degradasi.

Dengan hasil itu, tim asuhan Vincenzo Italiano kini berada di slot ke-15 dengan nilai 38 dan telah aman dari ancaman degradasi. Dengan sisa dua putaran, kalau pun Benevento mampu menyamai nilai Spezia di ujung kompetisi, Spezia yang berhak di posisi lebih tinggi sebab unggul head-to-head 4–1.

Spezia dan Benevento, bersama Crotone yang telah dipastikan degradasi lagi ke Serie B, merupakan tim-tim yang promosi dari Serie B ke Serie A di pengujung musim lalu.

Adapun bagi Torino yang ditangani pelatih Davide Nicola, kekalahan ini membuat tim asuhan Davide Nicola belum aman dari degradasi, karena Benevento—yang ditukangi mantan andalan Timnas Italia Filippo Inzaghi—hanya berjarak 4 poin di belakang dengan sisa dua pertandingan.

Sumber : Bisnis Indonesia