2 Gol Lagi, Lewandowski Pecahkan Rekor 49 Tahun Gerd Muller

Ujung tombak Bayern Munchen Robert Lewandowski - Bundesliga.com
16 Mei 2021 00:57 WIB M. Syahran W. Lubis Sepakbola Share :

Harianjogja.com, JAKARTA – Bundesliga Jerman segera menggulirkan rangkaian pertandingan pekan ke-33 dengan Bayern Munchen telah dipastikan menjadi juara.

Setelah mempertahankan gelar, Bayern Munchen bakal segera menjalani pesta selanjutnya. Robert Lewandowski, ujung tombak klub Bavaria tersebut, telah menjaringkan 39 gol sepanjang Bundesliga musim ini.

Jika mampu mencetak dua gol dalam dua pertandingan tersisa, bomber asal Polandia itu akan memecahkan rekor pencetak gol terbanyak dalam satu musim Bundesliga yang telah bertahan selama 49 tahun atau hampir setengah abad.

Sampai saat ini top skor terbanyak satu musim Bundesliga masih dipegang atas nama Gerd Muller yang juga bermain untuk Bayern Munchen. Legenda sepak bola Jerman Barat itu, yang kini berusia 75 tahun, mencetak 40 gol pada musim 1971–1972.

Peluang Lewandowski untuk memecahkan rekor Muller bisa dikatakan sangat besar. Pada pekan ke-33 Munchen hanya jumpa Freiburg, yang layak diprediksi tak bakal tampil maksimal karena sudah aman dari jeratan degradasi dan di sisi lain tak bisa lagi finis di zona tiket Liga Europa, apalagi Liga Champions.

Freiburg secara matematis hanya masih bisa finis di slot ketujuh klasemen yang berarti lolos ke kualifikasi Liga Konferensi, kompetisi antarklub Eropa level ketiga yang baru dimulai musim depan.

Dalam pertandingan pekan terakhir pada 22 Mei mendatang, Munchen jumpa Augsburg, tim papan bawah yang juga aman dari degradasi jika pada pekan ke-33 mampu menundukkan tamunya Werder Bremen.

Jadi, jika menang atas Werder Bremen, Augsburg kemungkinan sangat besar di pertandingan terakhir kontra Munchen tidak lagi bertarung habis-habisan, sehingga Lewandowski berpeluang mencetak gol.

Lewandowski telah lima kali tampil sebagai top skor Bundesliga. Dia pertama kali menjadi top skor pada 2013–2014, musim terakhirnya berseragam Dortmund sebelum pindah ke Munchen.

Empat musim lainnya ketika Lewandowski menjadi top skor sudah dalam balutan jersey Bayern Munchen adalah pada 2015–2016 serta tiga musim terakhir 2017–2018, 2018–2019, dan 2019–2020.

Sejak menjadi top skor pada 2014, hanya dua musim Lewandowski gagal menjadi top skor yaitu pada musim 2014–2015 dan 2016–2017.

Pada 2014–2015, striker Eintracht Frankfurt Alexander Meier—pensiun sebagai pemain pada Januari 2020, terakhir membela klub Australia Western Sydney Wanderers—menjadi top skor dengan 19 gol, diikuti Lewandowski di posisi kedua bersama pemain Munchen lainnya, Arjen Robben, dengan 17 gol.

Pada musim 2016–2017, ujung tombak Dortmund Pierre-Emerick Aubameyang—sekarang berseragam Arsenal—menjadi top skor dengan 31 gol dan Lewandowski di belakangnya hanya berselisih satu gol.

Berikut daftar pencetak gol sementara Bundesliga:

39 Gol: Robert Lewandowski (Bayern Munchen)

25 Gol: Andre Silva (Eintracht Frankfurt), Erling Haaland (Dortmund)

20 Gol: Wout Weghorst (Wolfsburg)

18 Gol: Andrej Kramaric (Hoffenheim)

15 Gol: Sasa Kalajdzic (Stuttgart)

12 Gol: Lars Stindl (Borussia Monchengladbach)

11 Gol: Silas Wamangituka (Stuttgart), Lucas Alario (Bayer Leverkusen), Thomas Muller (Bayern Munchen)

10 Gol: Max Kruse (Union Berlin)

9 Gol: Serge Gnabry (Bayern Munchen), Patrick Schick (Bayer Leverkusen), Leon Bailey (Bayer Leverkusen), Vincenzo Grifo (Freiburg), Ihlas Bebou (Hoffenheim)

8 Gol: Roland Sallai (Freiburg), Nils Petersen (Freiburg), Jadon malik Sancho (Dortmund).

Sumber : Bisnis Indonesia