Bantai Burnley, Leeds United Jaga Peluang ke Kompetisi Eropa

Para pemain Leeds United merayakan kemenangan atas Burnley. - Twitter@LUFC
16 Mei 2021 00:37 WIB M. Syahran W. Lubis Sepakbola Share :

Harianjogja.com, JAKARTA – Leeds United mempertahankan peluang untuk finis di kompetisi Eropa musim depan setekah menghabisi tuan rumah Burnley dengan skor telak empat gol tanpa balas dalam pertandingan pekan ke-36 Liga Primer Inggris.

Bertarung di Stadioin Turf Moor di Burnley pada Sabtu (15/5/2021) malam WIB, tim tamu asuhan Marcelo Bielsa telah unggul 0–1 ketika wasit Graham Scott mengakhiri pertandingan babak pertama berkat gol gelandang Mateusz Klich.

Pada babak kedua, ketika pertandingan berjalan tepat 1 jam, Leeds United berhasil menggandakan keunggulan melalui kontribusi gelandang Jack Harrison.

Rodrigo Moreno, yang pada menit ke-58 dimasukkan Bielsa untuk menggantikan ujung tombak Patrick Bamford, menjadi hantu mengesalkan bagi Burnley. Pemain asal Spanyol itu hanya memerlukan waktu 9 menit di lapangan untuk mencetak gol ketiga dan 2 menit kemudian bahkan menjaringkan gol keempat.

Dengan demikian, Leeds United unggul telak 0–4 atas tuan rumah Burnley yang ditukangi oleh pelatih Sean Dyche.

Dengan tambahan 3 poin, sekarang Leeds mendulang nilai 53 dan secara matematis masih bisa finis di peringkat keenam yang merupakan slot terbawah fase grup Liga Europa, kompetisi antarklub Eropa level kedua setelah Liga Champions.

Namun, pada realisasinya untuk finis di peringkat keenam sulit, karena saat ini West Ham United yang menempati setrip itu telah mengoleksi nilai 58 atau hanya 1 poin lagi untuk memastikan menggenggam tiket Liga Europa.

Leeds cukup realistis memburu finis di slot ketujuh yakni jatah tiket Liga Konferensi, kompetisi antarklub Eropa level ketiga yang dimulai musim depan. Selisih nilai Leeds dari Tottenham Hotspur di slot ketujuh hanya 3, jadi masuk akal jika Leeds masih ingin finis di posisi ketujuh dengan sisa dua pertandingan.

Bagi Burnley, kekalahan ini membuat mereka tertahan di peringkat ke-15 kjlasemen sementara dengan nilai 39, sudah aman dari ancaman degradasi,. Tiga tim yang telah dipastikan degradasi ke Championship (divisi 2) adalah Fulham, West Bromwich Albion, dan Sheffield United.

Hasil sementara pekan ke-36 hingga Sabtu malam WIB: Manchester United 1 vs Leicester City 2; Chelsea 0 vs Arsenal 1; Newcastle United 3 vs Manchester City 4; Burnley 0 vs Leeds United 4.

Sumber : Bisnis Indonesia