Demi Emas Sea Games, Manajer Timnas Patuh Kebijakan Pelatih STY

Pelatih Shin Tae-yong - PSSI
07 Mei 2021 08:27 WIB Newswire Sepakbola Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Manajer tim nasional sepak bola putra Indonesia di Sea Games 2021 Uden Kusuma Wijaya akan menyelaraskan visi dengan pelatih skuad 'Garuda' Shin Tae-yong (STY) demi menunaikan target medali emas dari PSSI.

"Saya berusaha menyesuaikan diri dengan 'irama' Shin Tae-yong," ujar Uden kepada Antara di Jakarta, Kamis (6/5/2021).

Anggota Polri berpangkat Brigjen Polisi itu yakin hal tersebut tidak terlalu sulit dilakukan lantaran sebelum ditunjuk jadi manajer timnas, dia sudah pernah beberapa kali berjumpa dengan Shin.

Perbedaan bahasa memang menjadi kendala, tetapi itu dinilainya bukan masalah. Menurut pria yang juga Ketua Asprov PSSI DKI Jakarta tersebut, kesamaan pandangan dengan Shin penting untuk kesolidan timnas. "Saya akan mengikuti kebijakan pelatih dan memberi dukungan dari sisi manajemen tim," tutur Uden.

PSSI menunjuk Uden Kusuma Wijaya sebagai manajer tim nasional sepak bola putra Indonesia di SEA Games 2021 pada Senin (3/5). Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan berharap Uden dapat menjalankan tugas dengan baik.

"PSSI memberikan dukungan penuh kepadanya apalagi kami menargetkan medali emas di SEA Games 2021," kata Iriawan.

PSSI memang sangat berhasrat untuk merebut medali emas sepak bola putra SEA Games 2021 demi mengulangi pencapaian serupa yang terakhir kali diraih pada SEA Games 1991.

Indonesia hampir saja mengulang prestasi tersebut pada SEA Games 2019 di Filipina setelah tim yang ketika itu dilatih Indra Sjafri lolos ke final. Sayangnya di partai puncak, Egy Maulana dan kawan-kawan takluk 0-3 dari Vietnam.

SEA Games 2021 dijadwalkan berlangsung pada November-Desember di Vietnam. 

Sumber : Antara