Persija Juara Piala Menpora Usai Tundukkan Persib

Tim Persija - Liga Indonesia
26 April 2021 01:27 WIB JIBI Sepakbola Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Persija Jakarta juara Piala Menpora 2021 setelah mengalahkan Persib Bandung. Tim Macan Kemayoran memastikan kemenangan setelah mengalahkan Maung Bandung di leg kedua babak final Piala Menpora dengan skor 2-1.

Bermain di Stadion Manahan, Solo, Minggu (25/4/2021), Persija bermain ngotot sejak menit awal meski sudah unggul agregat 2-0. Kembali mengandalkan Taufik Hidayat di ujung tombak serangan, mereka langsung memberikan tekanan ke pertahanan Persib.

BACA JUGA : Persija Jakarta Hajar Persib Bandung 2-0 di Leg Pertama

Dalam pertandingan leg pertama yang berlangsung di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Kamis lalu, Persija menang 2-0 atas Persib. Dua gol di laga itu dicetak oleh Braif Fatari dan Taufik.

Seperti leg pertama, selain memasang Taufik sebagai pengganti Marko Simic, pelatih Persija, Sudirman, juga menurunkan Braif dan Riko Simanjuntak sejak menit awal.

Di lini pertahanan, Sudirman memasang Otavio Dutra dan Toni Sucipto di jantung pertahanan, bersama Marco Motta dan Yann Motta. Di lini tengah, Marc Klok dan Rohit Chand kembali diturunkan sebagai starter.

Sementara Persib, pelatih Robert Rene Alberts tidak melakukan perubahan di lini depan. Seperti leg pertama, dia memasang Ezra Walian, Frets Butuan, dan Wander Luiz.

Di lini tengah, pelatih Persib memainkan Beckham Putra Nugraha, Dedi Kusnandar, dan Esteban Vizcarra sejak menit awal. Di lini pertahanan, Bayu Mohamad Fiqri dimainkan menggantikan Nick Kuipers yang absen.

Pada menit ke-4 Persija memberikan ancaman ke sektor pertahanan Persib. Riko bekerja sama dengan Marco Motta berhasil masuk ke kotak penalti dan mengirimkan umpan silang. Namun, Taufik Hidayat gagal menyelesaikan umpan dengan baik.

Selang empat menit kemudian, Persija kembali memberikan tekanan ke pertahanan Persib. Kali ini, Taufik mendapatkan bola dari umpan jauh. Tetapi, pergerakannya dapat diantisipasi kiper I Made Wirawan.

BACA JUGA : LIB Pastikan Tak Ada Perayaan Gelar Juara

Persija yang lebih mendominasi permainan kembali mendapatkan peluang menciptakan gol pada menit ke-20 melalui Riko Simanjuntak yang mendapatkan umpan dari Osvaldo. Namun, eksekusinya masih belum tepat sasaran.

Persib harus bermain dengan sepuluh pemain setelah Bayu Mohamad Fiqri mendapatkan kartu kuning kedua karena melakukan pelanggaran terhadap Marco Motta pada menit ke-22.

Untuk menambah kekuatan di lini pertahanan setelah Bayu dikeluarkan, Robert memasukkan Ardi Idrus. Dia masuk menggantikan Esteban Vizcarra pada menit ke-25.

Kalah jumlah pemain, Persib berusaha menciptakan peluang gol melalui serangan baik dan juga memanfaatkan set piece. Namun, mereka masih kesulitan untuk membuat ancaman ke gawang Andritany Ardhiyasa. Hingga babak pertama berakhir, Maung Bandung tidak mampu menciptakan gol balasan.

Memasuki babak kedua, pelatih Persib melakukan perubahan strategi. Dia memasukkan Ferdinand Sinaga menggantikan Wander Luiz, serta mengganti Henhen Herdiana dengan Supardi Nasir.

Hanya selang enam menit setelah pertandingan babak kedua dimulai, Persija berhasil mencetak gol melalui Osvaldo Haay. Gol ini tercipta berkat umpan dari Riko.

Setelah terjadinya gol, tempo pertandingan menurun. Para pemain Persija lebih sering bermain operan-operan pendek di area sendiri, sembari menunggu kesempatan untuk melakukan penyerangan ke pertahanan Persib.

Pada menit ke-67, Persib mempunyai kesempatan mencetak gol melalui tendangan bebas dari titik yang tidak jauh dari kotak penalti Persija. Namun, bola sepakan Ferdinand Sinaga masih melambung di atas mistar gawang.

Persija melakukan pergantian pemain pada menit ke-75. Braif Fatari ditarik keluar lapangan dengan ditandu karena cedera dan digantikan Ramdani Lestaluhu.

Persib kembali melakukan pergantian pemain pada menit ke-78. Pelatih Robert memasukkan Farshad Noor dan Erwin Ramdani untuk menggantikan Beckham Putra dan Frets Butuan.

Masuknya Erwin dan Farshad menambah kecepatan Persib dalam melakukan serangan ke Persija pada menit-menit akhir. Keberanian para pemain Maung Bandung dalam memberikan tekanan, menghasilkan beberapa tendangan bebas.

Persib akhirnya berhasil mencetak gol balasan melalui tendangan bebas yang dilakukan Ferdinand pada menit ke-84. Bola sepakannya yang melengkung ke sudut kanan gawang, tidak bisa ditepis kiper Andritany.

Setelah sukses mencetak gol balasan, Persib semakin meningkatkan serangannya. Pada menit ke-88, giliran Dedi Kusnandar yang memberikan ancaman ke gawang Persija melalui tendangan bebas. Namun, bola masih melambung.

Persija kembali mencetak gol pada tambahan waktu melalui Riko Simanjuntak setelah mendapatkan umpan dari Osvaldo. Gol ini tercipta dari serangan balik.

Di menit akhir tambahan waktu, Persija melakukan pergantian pemain. Taufik Hidayat ditarik dan dimasukan Nico Saputra, serta memasukkan Salman Alfraid menggantikan Toni Sucipto.

Kemenangan 2-1 atas Persib di leg kedua final Piala Menpora 2021 ini membuat Persija meraih kemenangannya dengan agregat 4-1.

Susunan pemain Persib vs Persija:

Persib: I Made Wirawan (PG); Achmad Jufriyanto, Bayu Mohamad Fiqri (kartu merah '22), Henhen Herdiana (Supardi Nasir '46), Victor Igbonefo; Beckham Putra Nugraha (Farshad Noor '78), Dedi Kusnandar, Esteban Vizcarra (Ardi Idrus '25); Ezra Walian, Frets Butuan (Erwin Ramdani '78), Wander Luiz (Ferdinand Sinaga '46)

Persija: Andritany Ardhiyasa (PG); Marco Motta, Otavio Dutra, Toni Sucipto (Salman Alfraid '90+3), Yann Motta; Braif Fatari (Ramdani Lestaluhu '75), Marc Klok, Osvaldo Haay, Riko Simanjuntak, Rohit Chand; Taufik Hidayat (Nico Saputra '90+2)