Manchester City 7 Poin Lagi Juara Liga Inggris

Pemain depan Tottenham Hotspu Son Heung-min. - PremierLeague.com
22 April 2021 08:17 WIB M. Syahran W. Lubis Sepakbola Share :

Harianjogja.com, JAKARTA – Manchester City dan Tottenham Hotspur sama-sama meraih kemenangan dengan skor tipis 2–1 dalam lanjutan Liga Primer Inggris pada Kamis (22/4/2021) dini hari WIB.

ManCity menundukkan tuan rumah Aston Villa di Stadion Villa Park di Birmingham dalam pertandingan pekan ke-32. Villa membuka keunggulan melalui John McGinn ketika pertandingan baru berjalan 20 detik dengan memaksimalkan assist Ollie Watkins.

Namun, tamu asuhan Pep Guardiola berhasil melesakkan dua gol balasan lewat kontribusi Phil Foden (22’) dan Rodri Hernandez (40’), keduanya dengan assist Bernardo Silva.

Sekitar 2 menit menjelang turun minum, City kehilangan pemain belakang John Stones. Dia langsung terkena kartu merah, tanpa didahului kartu kuning, dari wasit Peter Bankes setelah dia menerjang penyerang Villa Jacob Ramsey.

Memasuki babak kedua, berjalan 12 menit, giliran bek kanan Villa Matty Cash harus meninggalkan lapangan setelah dia menerima kartu kuning kedua ketika dia mengasari Phil Foden. Kartu kuning pertama dia dapatkan hanya 3 menit sebelumnya.

Skor akhir 1–2 tetap untuk City, yang mendominasi jalannya pertandingan dengan penguasaan bola mencapai 72 persen.

Dengan hasil ini, City makin mantap memimpin klasemen sementara dengan koleksi nilai 77, berjarak 11 angka dari rival sekota Manchester United di slot kedua. Dengan sisa enam matchday lagi, City tinggal memerlukan 7 poin lagi untuk menjadi juara.

Sementara itu,k akibat kekalahan ini, Villa, yang ditangani pelatih Dean Smith, tertahan di peringkat ke-11 dengan nilai 44.

Di laga lain pada Kamis dini hari WIB, Tottenham Hotspur mengatasi tamunya Southampton juga dengan skor 2–1.

Dalam pertandingan tunda pekan ke-29 di Stadion Tottenham Hotspur di London, seperti City, Spurs pun tertinggal terlebih dahulu sebelum membalikkan kedudukan menjadi kemenangan.

Pertandingan berjalan setengah, Soton unggul lewat Danny Ings. Pemain pinjaman dari Real Madrid Gareth Bale menyamakan skor menjadi 1–1 ketika laga berjalan tepat 1 jam.

Kemenangan tuan rumah datang dari eksekusi penalti Son Heung-min di ujung pertandingan, menit ke-90. Wasit David Coote menunjuk titik putih setelah pemain belakang Soton Moussa Djenepo melanggar bek Spurs Sergio Reguilon di area terlarang.

Biasanya penalti dieksekusi kapten Harry Kane, tapi kali ini Son yang mengambilnya karena Kane tak bermain akibat cedera.

Dengan hasil ini, Spurs ada di slot keenam klasemen sementara mendulang 53 angka, hanya 2 di belakang peringkat kelima West Ham United. Tim yang finis di slot kelima akan langsung lolos ke fase grup Liga Europa musim depan. Sementara itu, hasil ini menahan Soton (36) di slot ke-14.

Kemenangan ini menandai debut Ryan Mason, mantan gelandang Timnas Inggris dan Tottenham, sebagai pelatih sementara mengisi kursi Jose Mourinho yang dipecat 3 hari lalu.

Sumber : BBC & The Guardian