Imbang Lawan PSS Sleman, Persib Menuju Final Piala Menpora

Penyerang Persib Bandung Ezra Walian (kanan) setelah menjebol gawang PS Sleman. - Persib.co.id
20 April 2021 07:17 WIB M. Syahran W. Lubis Sepakbola Share :

Harianjogja.com, JAKARTA – Persib Bandung melaju ke final Piala Menpora 2021 setelah imbang 1–1 melawan PS Sleman dalam pertandingan semifinal leg kedua di Stadion Manahan di Solo, Jawa Tengah, pada Senin (19/4/2021) malam.

Dengan hasil itu, Persib menang dengan skor agregat 3–2 karena dalam pertandingan leg pertama 3 hari lalu di Stadion Maguwoharjo di Sleman, Yogyakarta, Maung Bandung menang tipis 2–1.

Di pertandingan final yang dijadwalkan berlangsung dua leg pada 22 dan 25 April, Persib akan menghadapi Persija Jakarta yang di semifinal sebelumnya menyingkirkan PSM Makassar 4–3 lewat adu penalti.

Dalam pertandingan ini, Ezra Walian tampil sebagai pahlawan Persib. Golnya pada menit ke-83 memastikan Pangeran Biru merebut satu tempat di partai puncak, demikian laman resmi Persib.

Babak pertama kedua tim tampil cukup hati-hati. Persib asuhan pelatih Robert Albert mencoba mengambil inisiatif serangan sejak permainan dimulai.

Peluang pertama didapat Pangeran Biru melalui Frets Butuan menit ke-3. Namun, tendangan kerasnya masih melambung di atas mistar PSS yang dikawal Ega Rizky.

Persib harus mengalami kerugian di babak pertama ketika Dedi Kusnandar cedera di bagian kepala. Pemain yang akrab disapa Dado itu pun terpaksa ditarik keluar dan digantikan oleh Farshad Noor pada menit ke-38.

Memasuki babak kedua, PSS ganti mengambil inisiatif serangan. Peluang langsung dihasilkan tim asuhan Dejan Antonic melalui Irfan Jaya. Namun, tendangan keras mendatar masih mampu diamankan dengan baik oleh kiper Persib I Made Wirawan.

Hanya berselang semenit Irfan Jaya kembali mengancam gawang Persib dan lagi-lagi kegemilangan Made tetap menjaga gawang Pangeran Biru bersih dari kebobolan.

Persib mendapatkan peluang terbaik pada menit ke-58 lewat Frets Butuan. Namun, percobaan Frets masih bisa digagalkan kiper pengganti PSS Miswar Saputra.

PSS harus bermain dengan 10 pemain pada menit ke-65 ketika eks pemain Persib Fabiano Beltrame mendapatkan kartu merah akibat melanggar Wander Luiz.

Persib terus menggempur pertahanan PSS. Kali ini Febri Hariyadi yang mengancam pada menit ke-71. Miswar Saputra kembali bisa menggagalkan peluang itu.

Persib harus tertinggal usai Saddam Gaffar mencetak gol pada menit ke-72. Memanfaatkan umpan Samsul Arifin, tendangan kaki kiri Saddam tidak mampu dibendung Made Wirawan. Perubahan skema dilakukan Robert. Beckham Putra Nugaraha ditarik keluar dan digantikan oleh Abdul Aziz.

Gol PSS membuat Pangeran Biru tersengat. Tak perlu menunggu lama, Persib langsung membalas lewat gol indah Ezra Walian menit ke-83. Memanfaatkan umpan Ardi Idrus dari sisi kiri, melompat tinggi, sundulan Ezra merobek jala Miswar Saputra.

PSS mencoba mengejar gol, tetapi selalu gagal di barisan pertahanan Pangeran Biru. Skor 1–1 bertahan hingga wasit Darma Santoso Gulo asal Sumatra Utara meniup peluit panjang tanda laga usai.