Advertisement

MU & Arsenal Kian Kuat Dorong Liga Super Eropa

Newswire
Selasa, 20 April 2021 - 00:27 WIB
Budi Cahyana
MU & Arsenal Kian Kuat Dorong Liga Super Eropa Pelatih Liverpool Jurgen Klopp (kiri) dan pelatih Manchester United Ole Gunnar Solskjaer. - manutd.com

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA – Manchester United dan Arsenal mengundurkan diri dari Asosiasi Klub Eropa (ECA). Wakil eksekutif MU Ed Woodward pun meninggalkan jabatannya di UEFA setelah rencana Liga Super Eropa (European Super League/ESL) diumumkan.

Sebuah pernyataan yang dirilis pada Senin (19/4/2021) WIB mengonfirmasi bahwa 12 klub, termasuk Mu dan Arsenal, telah setuju untuk membentuk liga sendiri yang akan dijalankan oleh klub-klub pendiri.

Advertisement

Menurut Goal yang dikutip Antara, bergabungnya dua klub Inggris itu ke ESL berarti pengunduran diri dari ECA.

Wakil eksekutif MU tersebut tidak lagi memegang peran di UEFA dan CEO Arsenal Vinai Venkatesham juga telah mengundurkan diri dari posisinya di dewan ECA sebagai langkah yang menandakan niat klub untuk memajukan rencana kontroversial ini.

Wakil ketua eksekutif tersebut diangkat ke Dewan Strategi Sepak Bola Profesional UEFA sebagai perwakilan ECA pada September 2017. Perannya adalah memberi nasihat dan membantu dalam struktur UEFA.

Namun, dengan bergabungnya United ke ESL, Woodward tidak akan lagi menempati peran itu di UEFA. Sementara itu, Venkatesham baru terpilih menjadi dewan ECA 2 bulan lalu.

MU juga mengonfirmasi bahwa salah satu pemilik klubnya, Joel Glazer, akan menjadi wakil ketua ESL, yang dipimpin Presiden klub Real Madrid Florentino Perez.

Keterlibatan kedua klub tersebut di ESL juga membuat mereka tidak lagi menjadi bagian dari ECA, badan profesional yang mewakili kepentingan klub-klub di kompetisi UEFA.

Langkah ini adalah pernyataan niat lain bahwa 12 klub pendiri ini ingin mendorong liga baru mereka.

Ke-12 klub sepak bola terkemuka Eropa hari ini resmi mengumumkan bahwa mereka setuju membentuk kompetisi baru, yang akan dijalankan oleh klub-klub pendiri.

AC Milan, Arsenal, Atletico Madrid, Chelsea, Barcelona, Inter Milan, Juventus, Liverpool, ManCity, MU, Real Madrid, dan Tottenham Hotspur telah bergabung sebagai klub pendiri. Tiga klub lainnya akan bergabung sebelum musim perdana kompetisi itu dimulai, yang digelar secepat mungkin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Advertisement

alt

Kalahkan Ginting di Final All England Open 2024, Jonatan: Tak Disangka

Olahraga
| Senin, 18 Maret 2024, 07:37 WIB

Advertisement

alt

Ribuan Wisatawan Saksikan Pawai Ogoh-Ogoh Rangkaian Hari Raya Nyepi d Badung Bali

Wisata
| Senin, 11 Maret 2024, 06:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement