La Liga Spanyol Kecam Ide Pembentukan Liga Super Eropa

Presiden Real Madrid Florentino Perez - Football Espana
19 April 2021 22:07 WIB M. Syahran W. Lubis Sepakbola Share :

Harianjogja.com, JAKARTA – Otoritas La Liga Spanyol mengutuk keras pembentukan Liga Super Eropa (European Super League/ESL) yang akan memisahkan diri dari kompertisi reguler papan atas negara-negara Eropa.

"La Liga mengutuk keras proposal yang baru-baru ini diterbitkan untuk memisahkan diri, kompetisi elitis Eropa yang menyerang prinsip-prinsip kompetisi terbuka dan prestasi olahraga yang merupakan jantung piramida sepak bola domestik dan Eropa," kata La Liga pada Senin (19/4/2021).

"Hari ini penggemar sepak bola di seluruh Eropa dapat bermimpi bahwa klub mereka, tidak peduli ukurannya, dapat unggul, naik ke puncak dan bersaing di puncak sepak bola Eropa. La Liga mempertahankan tradisi sepak bola Eropa ini untuk semua.”

"Konsep yang diusulkan oleh 12 klub Eropa menghancurkan impian itu, menutup pintu ke puncak sepak bola Eropa, memungkinkan hanya segelintir elit yang berkompetisi,” lanjut pernyataan tersebut.

Usulan ESL dimulai pada 2009. Presiden Real Madrid Florentino Perez mengumumkan rencananya untuk menggulirkan kompetisi super tersebut.

Pada 4 Juli 2009, Perez mengkritik Liga Champions dengan mengatakan "kami harus menyetujui Liga Super Eropa baru yang menjamin bahwa hanya yang terbaik selalu bermain yang terbaik, sesuatu yang tidak terjadi di Liga Champions."

Dia akan mendorong kompetisi sempalan yang menampilkan kekuatan tradisional Eropa jika Union of European Football Association (UEFA) tidak berbuat lebih banyak untuk memastikan tim-tim ini bermain satu sama lain setiap tahun.

Enam klub papan atas Liga Primer Inggris menyatakan kesiapan mereka untuk bergabung dengan ESL. Namun, hal itu langsung disambut dengan penolakan oleh para suporter mereka.

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia