Malam Ini, Ronald Koeman Berpeluang Raih Trofi Pertama sebagai Pelatih Barcelona

Pelatih Barcelona Ronald Koeman - The Independent
17 April 2021 21:57 WIB M. Syahran W. Lubis Sepakbola Share :

Harianjogja.com, JAKARTA – Ronald Koeman berpeluang meraih trofi pertamanya sebagai pelatih Barcelona ketika tim Katalan itu akan berhadapan dengan Athletic Bilbao di final Piala Raja Spanyol (Copa del Rey) musim 2020–2021.

Pertandingan tersebut dijadwalkan berlangsung pada Minggu (18/4/2021) mulai pukul 02.30 WIB di Stadion La Cartuja yang berlokasi di Pulau De La Cartuja di Kota Sevilla di wilayah otonom Andalusia.

Sebagai pemain Barcelona pada 1989 hingga 1995, Koeman bertabur gelar juara. Dia meraih empat trofi La Liga, satu Copa del Rey, tiga Piala Super Spanyol (Supercopa de Espana), serta masing-masing satu Piala Eropa (sekarang Liga Champions) dan Piala Super Eropa.

Koeman sebagai pelatih Barcelona sebenarnya berpeluang meraih torfi pertamanya pada Piala Super Spanyol musim 2020–2021 yang digelar pada Januari lalu. Namun, ketika itu Barcelona ditaklukkan Bilbao di final 2–3 melalui perpanjangan waktu, juga di La Cartuja.

Dengan demikian, pertandingan final Copa del Rey kali ini bisa disebut sebagai ajang balas dendam bagi Barcelona dan tentu saja bagi Koeman.

Bagi Bilbao, ini final Copa del Rey beruntun hanya dalam rentang 2 pekan. Bilbao memainkan pertandingan final Copa del Rey musim 2019–2020 pada 4 April WIB lalu melawan Real Sociedad. Namun, Bilbao menyerah 0–1 dari sesama tim Basque itu.

Pertandingan final musim lalu itu sedianya digelar pada 18 April 2020, juga di La Cartuja, tetapi diundur hampir setahun karena pandemi Covid-19.

Sepanjang sejarah Copa del Rey, Barcelona dan Bilbao adalah dua tim teratas sebagai pengoleksi gelar juara. Barcelona meraihnya 30 kali, sedangkan Bilbao 23 kali. Dua tim jagoan sepanjang sejarah sepak bola Spanyol, Real Madrid dan Atletico Madrid, di urutan berikutnya masing-masing 19 dean 10 kali.

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia