Tiga Tim Papan Atas Raih Poin Penuh di Eredivisie Belanda

Kapten tim Ajax Amsterdam Dusan Tadic. - Twitter@AFCAjax
05 April 2021 05:57 WIB M. Syahran W. Lubis Sepakbola Share :

Harianjogja.com, JAKARTA – Tiga kekuatan tradisional sepak bola Belanda yakni Ajax Amsterdam, PSV Eindhoven, dan Feyenoord Rotterdam mencatat kemenangan dalam pertandingan pekan ke-28 Eredivisie, kompetisi teratas di Negeri Kincir Angin, pada Minggu (4/4/2021) malam WIB.

Di Stadion Abe Lenstra di Heerenveen, Ajax berhasil menundukkan tuan rumah Heerenveen dengan skor tipis 2–1.

Sempat tertinggal dari tuan rumah yang membuka skor pada menit ke-27 melalui gol Mitchell van Bergen, Ajax bangkit dengan melesakkan dua gol balasan melalui kapten Dusan Tadic dari titik penalti 9 menit kemudian dan Sebastien Haller ketika pertandingan berjalan 1 jam.

Dengan kemenangan ini, Ajax semakin mantap memimpin klasemen sementara dengan koleksi 69 angka, jauh meninggalkan PSV di setrip kedua dengan 58 poin. Sementara itu, kekalahan ini menahan Heerenveen di slot ke-10 dengan nilai 34.

Di pertandingan lain, PSV juga meraih 3 poin. Menjamu Heracles Almelo di Stadion Philips di Eindhoven, tiga gol PSV dicetak Donyell Malen (9’), Denzel Dumfries (21’), dan Mohammed Amine Ihattaren pada injury time babak kedua. Ihattaren masuk pada menit ke-75 menggantikan Malen.

Dengan hasil ini, PSV mengoleksi nilai 58 di slot kedua, sama dengan AZ Alkmaar di slot ketiga. PSV unggul selisih gol 32 berbanding 26. AZ pada saat bersamaan menang tandang 1–0 atas Willem II di Tilburg. Sementara itu, kekalahan ini membuat Heracles (36) tertahan di posisi kesembilan.

Kemenangan juga milik Feyenoord. Bermain di Stadion De Kuip di Rotterdam, Feyenoord mempecundangi tamunya Fortuna Sittard 2–0 berkat gol-gol Brian Linssen (50’) dan Steven Berghuis (83’). Berghuis juga berperan sebagai pemasok assist untuk gol pertama.

Tambahan 3 poin tak mengubah Feyenoord di posisi kelima dengan nilai 51, sedangkan Fortuna Sittard (34) di peringkat ke-12 klasemen sementara.

Ajax, PSV, dan Feyenoord merupakan tiga kekuatan tradisional sepak bola Belanda. Ajax juara 34 kali sejak kompetisi ini digulirkan pertama pada 1888 atau 133 tahun silam, PSV 24 kali, dan Feyenoord 15 kali menjadi kampiun.

Ajax finis teratas pada musim 2019–2020 yang dihentikan akibat pandemi Covid-19 tanpa tim yang diputuskan sebagai juara. Pada musim sebelumnya tim asuhan Erik ten Hag itu tampil sebagai juara.

Musim lalu AZ menempati urutan kedua klasemen Eredivisie yang dihentikan akibat pandemi dengan nilai yang sama dengan Ajax yakni 56, AZ hanya kalah selisih gol 37 berbanding 45.

Hasil lengkap pekan ke-28: VVV Venlo 0 vs Groningen 1; Twente 1 vs Vitesse 2; Willem II 0 vs AZ 1; Sparta 3 vs PEC Zwolle 2; Feyenoord 2 vs Fortuna Sittard 0; ADO Den Haag 1 vs Utrecht 4; PSV 3 vs Heracles 0; Emmen 3 vs RKC Waalwijk 1; Heerenveen 1 vs Ajax 2.

Sumber : Football Oranje