Piala Menpora: Polda DIY Pastikan Hanya Ada 299 Orang di Stadion

Kondisi terkini dari Stadion Maguwoharjo - Istimewa
21 Maret 2021 13:57 WIB Lugas Subarkah Sepakbola Share :

Harianjogja.com, SLEMAN--Piala Menpora telah dimulai Minggu (21/3/2021) di stadion Manahan, Solo. Di Sleman, Stadion Maguwpharjo yang menjadi salah satu venue Piala Menpora akan memulai pertandingan pada Rabu (24/3/2021), dengan total orang yang terlibat dibatasi 299 orang.

Kabid Humas Pemda DIY, Kombes Pol Yulianto, menuturkan kick off akan dimulai pukul 15.15 WIB dengan pertandingan Persiraja Banda Aceh dan Persita Tangerang. "Sesuai surat izin Mabes Polri, yang terlibat dalam pertandingan maksimal 299 orang," ujarnya, Minggu (21/3).

BACA JUGA : Jelang Piala Menpora, Wali Kota Gibran: Tidak Ada Nobar

Ia menjelaskan 299 orang tersebut sudah termasu aparat keamanan, yang akan ditempatkan baik di luar maupun di dalam stadion. "Pintu gerbang parkir juga akan dijaga sehingga yang masuk ke area parkir ya terbatas di angka 299 itu," ujarnya.

Penjagaan ketat dilakukan untuk melaksanakan apa yang telah menjadi kesepakatan bersama dari Polri dan penyelenggara, yakni pertandingan digelar tanpa kehadiran penonton untuk menghindari terjadinya kerumunan.

Kepada masyarakat ia juga mengimbau untuk tidak menggelar nonton bareng (nobar) pertandingan Piala Menpora, melainkan cukup menonton dari rumah masing-masing melalui siaran TV maupun streaming yang telah disediakan.

"Silakan nonton sendiri di rumah masing-masing dengan siaran TV yang akan menyiarkan maupun media online yang menyiarkan. Untuk media yang akan meliput juha sudah ditentukan oleh pihak LIB [Liga Indonesia Baru]," kata dia.

BACA JUGA : Kemenpora dan Polri Pastikan Gelaran Piala Menpora Terapkan Prokes Ketat

Sebelumnya, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali mengharapkan suporter mendukung tim kebanggaannya dari rumah. “Saya yakin suporter kita bisa tertib dan nonton dari rumah saja. Mari sekuat tenaga berbuat yang terbaik untuk sepak bola," katanya dikutip dari rilis resmi Kemenpora, Sabtu (20/1).

Menurutnya, turnamen pramusim ini menjadi salah satu hal penting sebelum digelarnya kompetisi sepak bola nasional. “Kami sudah merumuskan bagaimana jalannya pertandingan. Protokol kesehatan akan diterapkan," ungkapnya.