Bantai Bournemouth, Southampton Lolos ke Semifinal Piala FA

Pemain Southampton Nathan Redmond (kanan) selepas menjebol gawang Bournemouth, disambut kapten tim James Ward-Prowse. - TheFA.com
20 Maret 2021 22:07 WIB M. Syahran W. Lubis Sepakbola Share :

Harianjogja.com, JAKARTA – Southampton menjadi tim pertama yang menggenggam tiket semifinal Piala FA setelah menundukkan tuan rumah Bournemouth dengan skor telak tiga gol tanpa balas.

Dalam pertandingan babak perempat final di Stadion Vitality di Bournemouth pada Sabtu (20/3/2021) malam WIB, gelandang Nathan Redmond berhasil melesakkan dua gol.

Southampton mengawali pesta golnya di markas Bournemouth, yang degradasi dari Liga Primer inggris ke Championship (divisi 2) di ujung musim 2019–2020 lalu, melalui pemain tengah asal Mali Moussa Djanepo pada menit ke-37.

Redmond, yang mempunyai satu caps untuk Timnas Inggris, menggandakan keunggulan tim asuhan pelatih asal Austria Ralph Hasenhuttl ketika babak pertama telah memasuki injury time.

Pada babak kedua, Southampton memastikan menggenggam tiket semifinal setelah Redmond kembali berhasil menjebol gawang tuan rumah yang dikawal kiper Asmir Begovic ketika pertandingan berjalan 1 jam.

Ini merupakan gol kedua dan ketiga Redmond untuk Southampton sepanjang musim ini di semua kompetisi.

Dengan kekalahan ini, kandaslah harapan tim asuhan mantan bek Timnas Inggris Jonathan Woodgate untuk merebut gelar juara FA Cup untuk pertama kali sepanjang sejarah.

Sebaliknya, kemenangan ini membuka harapan Southampton untuk merebut trofi FA Cup kedua kalinya setelah yang pertama mereka raih pada 1976 setelah dalam pertandingan final menaklukkan Manchester United 1–0.

Southampton juga pernah tampil sebagai runner-up FA Cup sebanyak tiga kali yakni pada edisi 1900, 1902, atau lebih dari seabad silam, serta pada 2003. Dua edisi pertama mereka sebagai runner-up kalah dari Bury dan Sheffield United, sedangkan terakhi dikalahkan Arsenal.

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia