Advertisement

Regulasi Handball Kembali Diubah

M. Syahran W. Lubis
Sabtu, 06 Maret 2021 - 09:07 WIB
Budi Cahyana
Regulasi Handball Kembali Diubah Striker Chelsea Timo Werner, golnya ke Liverpool karena aturan handball yang ketat. - Sky Sports

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA – Handball yang tidak disengaja yang mengarah pada peluang mencetak gol atau telah terjadi gol untuk rekan satu tim tidak akan lagi dihukum. Perubahan tersebut kemungkinan akan diberlakukan di Inggris mulai 1 Juli 2021.

International Football Association Board (IFAB) mengonfirmasi perubahan itu pada Jumat (5/3/2021), mengatakan keputusan itu diambil itu karena interpretasi insiden handball tidak diterapkan secara konsisten.

Advertisement

IFAB dibentuk oleh asosiasi-asosiasi sepak bola di Britania Raya dan juga pada akhirnya melibatkan Federation Internationale de Football Association (FIFA), badan sepak bola dunia.

Fulham kalah dari Tottenham karena Josh Maja gagal mencetak gol karena tendangan Davinson Sanchez menyambar lengan Mario Lemina.

Namun, akan tetap menjadi pelanggaran handball jika pemain mencetak gol secara tidak sengaja dengan tangan atau lengannya, atau menggunakan tangan atau lengannya secara langsung sebelum mencetak gol.

IFAB memperketat regulasi handball untuk awal musim 2020–2021 termasuk menyatakan pelanggaran untuk sentuhan tak sengaja bagian tangan ke bola.

Namun, serentetan keputusan handball menyebabkan kritik sengit di seluruh pertandingan dan membuat wasit papan atas Inggris diperintahkan untuk tidak terlalu ketat tentang interpretasi mereka terhadap hukum.

Pejabat Liga Primer Inggris diberi tahu untuk secara khusus fokus pada jarak pemain yang melanggar dari bola dan apakah dia telah mengulurkan lengannya ke luar garis tubuh alami.

Dalam pernyataannya, IFAB juga mengklarifikasi interpretasinya tentang hukum offside terkait dengan definisi handball, yakni lengan di bagian bawah ketiak harus diperhitungkan saat menilai apakah seorang pemain offside atau tidak.

Timo Werner dari Chelsea gagal mencetak gol ke gawang Liverpool pada Jumat dini hari WIB ketika video asisten wasit (VAR) menyatakan bahwa posisi lengannya membuatnya offside.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : BBC

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Advertisement

alt

Megawati Bidik Gelar Juara Proliga 2024

Olahraga
| Minggu, 21 April 2024, 22:27 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement