Ini Sejumlah Tim yang Sudah Bersiap Jelang Piala Menpora

Pemain menggelar latihan. - Antara.
04 Maret 2021 16:47 WIB Newswire Sepakbola Share :

Harianjogja.com, JAKARTA--Turnamen pramusim Piala Menpora 2021 sudah semakin dekat, sejumlah tim telah mulai melakukan berbagai persiapan, terutama memulai latihan perdana.

PSSI telah memastikan turnamen pramusim Piala Menpora 2021 akan dibuka di Stadion Manahan, Solo, pada 21 Maret 2021 dan berlangsung hingga 25 April mendatang, diikuti 18 tim liga 1 Indonesia.

Ada empat daerah yang menjadi tuan rumah penyisihan grup, yaitu Bandung, Sleman, Solo dan Malang. Pengundian grup akan dilakukan pada 8 Maret 2021.

Berikut hasil rangkuman tim-tim yang telah menjalani sesi latihan perdana:

  1. Persija

Klub Persija Jakarta mengawali persiapan menuju turnamen pramusim Piala Menpora 2021 dengan fokus menempa fisik para pemainnya sejak latihan perdana di Depok, Senin 1 Maret 2021.

Pelatih Macan Kemayoran Sudirman menyebut kebugaran tubuh menjadi sasaran awal karena sudah kurang lebih enam bulan anak-anak asuhnya tidak berlatih dalam intensitas tinggi lantaran libur kompetisi.

"Pemain sudah lama libur dan hampir enam bulan tidak melakukan latihan dengan intensitas tinggi. Oleh karena itu, dalam persiapan awal ini saya mencoba untuk meningkatkan stamina mereka agar saat pertandingan kondisi fisik mereka paling tidak mendekati 100 persen," kata Sudirman.

  1. Persib

Persib Bandung telah memulai sesi latihan perdananya di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Bandung, Jawa Barat, pada Senin 1 Maret 2021.

Dipimpin sang pelatih kepala Robert Alberts, seluruh pemain, pelatih, dan ofisial menerapkan protokol secara ketat dalam latihan perdana sebagai persiapan menatap turnamen pramusim Piala Menpora yang akan digelar akhir Maret ini.

Pemain anyar Persib Bayu Fiqri dan Achmad Jufriyanto yang akrab disapa Jupe juga sudah mengikuti sesi latihan perdana tim menyambut Piala Menpora 2021.

Selain Bayu dan Jupe, latihan perdana itu diikuti juga oleh delapan pemain dari Bandung United, yakni Muhammad Natshir, Ilham Qolba, M Wildan Ramdhani, Agung Mulyadi, Julius Josel, Indra Mustafa, Pian Hadiansyah, dan Puja Abdillah.

  1. Persebaya

Persebaya Surabaya sudah menjadwalkan sesi latihan perdananya dan berharap bisa berlatih di Stadion Gelora 10 November Tambaksari sebagai persiapan turnamen Piala Menpora serta menghadapi Liga 1 musim kompetisi tahun ini. Gelaran latihan Rendy Irwan dan kawan-kawan direncanakan dimulai Kamis 4 Maret 2021 dipimpin oleh pelatih kepala Aji Santoso.

  1. Bali United

Bali United menjadi tim yang cukup awal memulai latihan perdananya pada Senin 8 Februari 2021 di Lapangan Karya Manunggal, Sidakarya, Bali, sebagai persiapan menyongsong Liga 1 Indonesia dan Piala AFC 2021.

 

Dalam latihan itu, belum semua pemain berkumpul. Total hanya 19 pemain yang sudah memulai latihan lagi, sisanya bergabung dalam TC timnas Indonesia U-22 dan ada yang tengah menyelesaikan urusan pribadi.

"Kabar bagus untuk tim setelah lama tidak latihan selama tiga bulan. Kita bisa keluar rumah untuk bekerja dalam latihan. Hari ini ada 19 orang ikut dalam latihan," kata pelatih Bali United Stefano Cugurra Teco.

  1. Bhayangkara FC

Bhayangkara FC juga cukup awal mengagendakan latihan perdananya dan telah terlaksana di Stadion Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo, Kamis 25 Februari lalu. Total ada belasan pemain mengikuti latihan yang dipimpin dengan antusiastis oleh Pelatih Kepala Paul Munster, apalagi pasukan The Guardian bakal terjun dalam ajang Piala Menpora. Paul memaparkan latihan perdana itu hanya sebatas pemanasan untuk meningkatkan intensitas yang lebih berat ke depannya sesuai program yang telah disusun.

  1. Arema FC

Arema FC juga awal memulai latihan perdananya menyambut Piala Menpora di Stadion Kanjuruhan Malang, Senin 22 Februari 2021. Banyak pemain yang absen dalam latihan itu karena baru latihan pertama sehingga dinilai wajar, namun pemain hasil proyeksi tim sudah hadir, seperti Johan Ahmat Farizi, Dendi Santoso, Jayus Hariono, dan Dedik Setiawan. Pemain asing asal Brazil Caio Ruan Lino De Freitas juga sudah hadir.

  1. Borneo FC

Setelah pemain berkumpul dan menjalani serangkaian uji kesehatan, akhirnya Jumat 26 Februari lalu, skuad Borneo FC langsung menjalani latihan perdana. Asisten Pelatih Borneo FC Ahmad Amiruddin dipercaya memimpin latihan karena Pelatih Kepala Mario Gomez belum bisa bergabung dalam latihan perdana itu. Program awal yang dijalankan dalam latihan tersebut adalah mengembalikan kondisi pemain. Artinya, pemain hanya menjalani latihan ringan untuk mengembalikan kondisi mereka, sementara latihan fisik sebagai awal latihan setelah lama tak ada aktivitas baru dilalukan sepekan kemudian.

  1. Persita Tangerang

Persita Tangerang telah menggelar sesi latihan perdana di Stadion Indomilk Arena, Tangerang Banten, Rabu 3 Maret 2021, usai rehat selama empat bulan atau sejak Oktober 2020. Dipimpin oleh Pelatih Kepala Persita Tangerang Widodo C. Putro, skuad Pendekar Cisadane akhirnya kembali merumput dan menjalani sesi latihan tim. Tercatat, 16 orang pemain Persita yang turut bergabung dalam sesi latihan perdana yang mayoritas masih dihiasi wajah-wajah lama yang sudah membela klub ini sejak musim lalu.

Ada pula dua orang pemain Persita U-20 yang turut bergabung berlatih, yakni M Darmawan (kiper) dan Altariq Erfa Aqsal Ballah yang berposisi gelandang.

  1. Madura United

Madura United FC menyiapkan pemusatan latihan di Kota Batu, Malang, Jawa Timur, mulai 26 Februari silam setelah "Laskas Sape Kerrap" mengikat kontrak para pemain yang akan berlaga pada ajang kompetisi Liga 1 Indonesia 2021. Direktur PT Polana Bola Madura Bersatu (BPMB) Ziaul Haq menyampaikan bahwa sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan bersama pelatih, pemusatan latihan mulai 26 Februari 2021, dan sehari sebelumnya para pemain akan dikumpulkan untuk menyelesaikan kelengkapan administrasi. Pemusatan latihan atau akrab disebut dengan istilah training centre itu dipimpin langsung oleh sang pelatih Rahmad Darmawan.

Sumber : Antara