Advertisement

UEFA Pastikan Euro 2020 Digelar Juni 2021 & Bisa Ditonton di Stadion

Newswire
Kamis, 25 Februari 2021 - 17:47 WIB
Budi Cahyana
UEFA Pastikan Euro 2020 Digelar Juni 2021 & Bisa Ditonton di Stadion Markas UEFA di Nyon, Swiss. - uefa.com

Advertisement

Harianjogja.com, JAKARTA – Kepala Covid-19 UEFA memastikan Euro 2020 akan digelar pada Juni tahun ini. Pertandingan di stadion bahkan bisa dibuka untuk penonton. 

Turnamen itu ditunda tahun lalu karena pandemi Covid-19 yang kemudian dijadwal ulang menjadi pada 11 Juni sampai 11 Juli tahun ini.

Advertisement

"Tidak ada alasan Euro tidak digelar, pasti digelar. Tidak ada skenario terburuk, yang ada skenario yang realistis dan skenario terbaik," kata Daniel Koch, penasihat medis UEFA untuk Euro 2020.

Koch menyatakan UEFA akan mengeluarkan keputusan awal pada April nanti mengenai venue dan kapasitas penonton setelah berkonsultasi dengan 12 negara penyelenggara.

Dia menyatakan UEFA, yang bermarkas di Nyon, Swiss, akan menambah jumlah kapasitas penonton jika situasinya memungkinkan.

"Saya kira akan ada banyak keleluasaan paling tidak sampai akhir April. Keputusan sudah harus dibuat awal April," kata Koch.

UEFA telah meminta 12 negara penyelenggara untuk membeberkan rencana masuk ke stadion dan masalah-masalah lainnya. UEFA tahun lalu sudah menggarisbawahi empat skenario operasional, yakni stadion kapasitas penuh, 50-100 persen dari kapasitas atau 20-30 persen dari kapasitas, dan pertandingan diadakan dalam stadion tertutup tanpa penonton.

Saat ditanya mengenai kemungkinan persentase kapasitas stadion yang dibolehkan untuk setiap venue, Koch menjawab, "Saya kira itu jauh lebih besar dari yang kita bayangkan. Pada musim gugur sejumlah negara ada di 30 persen, saya kira mungkin saja lebih dari 30 persen."

"Memang amat sangat sulit diperkirakan. Ini bukan hanya memperkirakan pandemi, tapi juga memperkirakan politik. Kami bekerja keras dengan cara baik yang optimistis, tetapi berapa banyak yang mungkin, kami belum tahu," tuturnya.

Kota-kota penyelenggara Euro 2020 adalah Glasgow, Dublin, Bilbao, Amsterdam, Kopenhagen, Muenchen, Roma, St Petersburg, Bukares, Budapest, dan Baku, sedangkan semifinal dan final digelar di Stadion Wembley, London, Inggris.

Koch tidak mengesampingkan kemungkinan penonton luar negeri diperbolehkan menonton langsung pertandingan Euro 2020.

"Masih terlalu dini untuk disebutkan. Kami akan mencermati situasinya dan apa syarat yang diajukan negara-negara berbeda tapi saya harap paling tidak sejumlah perjalanan bisa dimungkinkan," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara/Reuters

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Advertisement

alt

Kalahkan Ginting di Final All England Open 2024, Jonatan: Tak Disangka

Olahraga
| Senin, 18 Maret 2024, 07:37 WIB

Advertisement

alt

Ribuan Wisatawan Saksikan Pawai Ogoh-Ogoh Rangkaian Hari Raya Nyepi d Badung Bali

Wisata
| Senin, 11 Maret 2024, 06:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement