Di Bawah Tuchel, Chelses Sukses Bertransformasi

Thomas Tuchel - Instagram @chelseafc
25 Februari 2021 13:17 WIB Chrisna Chaniscara Sepakbola Share :

Harianjogja.com, BUCHAREST—Kedatangan Thomas Tuchel ke Chelsea benar-benar memberi dimensi baru bagi permainan Cesar Azpilicueta. Pertahanan The Blues yang dulu rapuh kini kukuh bak karang di lautan. Atletico Madrid menjadi korban terbaru mereka saat dipaksa menyerah 0-1 dalam leg I babak 16 besar Liga Champions di Arena Nationala, Rabu (24/2/2021) dini hari WIB.

Permainan taktis Chelsea praktis tak memberi kesempatan bagi Atletico mengembangkan permainan. Terlepas dari pendekatan pragmatis Diego Simeone, Atletico memang tak berkutik. Buktinya, Los Colchoneros tidak membuat satu pun shot on target dari enam peluang yang dimiliki. Padahal Atletico adalah tim tertajam kedua di Liga Primera musim ini sekaligus pemuncak klasemen sementara.  Gawang Atletico malah bobol lewat sepakan salto Olivier Giroud pada menit ke-68. Kemenangan 1-0 menjadi modal berharga The Blues untuk leg II di Stamford Bridge, 17 Maret 2021.

Dilansir Opta, hanya dua gol bersarang dari delapan pertandingan pertama Tuchel bersama Chelsea di seluruh kompetisi. Catatan ini cuma bisa dikalahkan debut Jose Mourinho di Chelsea pada 2004 yang cuma kebobolan satu gol. Gawang Chelsea yang dikawal Edouard Mendy juga cuma kemasukan dua gol sepanjang turnamen ini, dan mencatatkan lima clean sheet dari tujuh pertandingan. Bahkan dalam 16 pertandingan musim ini, Chelsea tidak pernah kebobolan setelah menit ke-57.

Tak hanya rapi dalam bertahan, Chelsea mendominasi penguasaan bola (63%) dan punya daya gedor jempolan dengan 11 tembakan, lima di antaranya tepat sasaran. “Saya sangat senang untuk para pemain dan tim atas ganjaran besar ini. Kami bisa membaca dari papan skor bahwa kami mendapatkan hasil bagus melawan tim top,” ujar Tuchel dilansir Sky Sports, Rabu.

Sementara itu, Atletico menegaskan tak akan menyerah meski kalah di leg I. Kapten Atletico, Koke, yakin timnya dapat menang dengan margin dua gol untuk memelihara peluang menuju perempat final. “Kami akan pergi ke London dengan ide memenangi laga. Kami akan bangkit.”

Sumber : JIBI/Solopos