Pemerintah Larang Nobar Piala Menpora

Ilustrasi futsal - JIBI
25 Februari 2021 03:27 WIB Newswire Sepakbola Share :

Harianjogja.com, JAKARTA--Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali menegaskan bahwa kegiatan nonton bareng (nobar) turnamen pramusim Piala Menpora 2021 dilarang di seluruh wilayah Indonesia tanpa kecuali.

"Ini sudah menjadi komitmen. Nobar tidak boleh kecuali di rumah sendiri bersama keluarga," ujar Zainudin dalam pertemuan virtual yang diikuti di Jakarta, Rabu (24/2/2021).

BACA JUGA : Jelang Piala Menpora 2021, PS Sleman Lepas 9 Pemain

Politikus Partai Golkar itu yakin semua kelompok suporter sudah memahami hal tersebut. Zainudin menyebut, aparat pemerintah di semua daerah termasuk Polri dan Satgas Penanganan COVID-19, akan melakukan pengawasan serta memantau secara rutin situasi di daerahnya selama Piala Menpora berlangsung pada 20 Maret-25 April 2021.

"Jika ditemukan kerumunan pasti dibubarkan dan disanksi sesuai peraturan yang berlaku. Mabes Polri sudah menurunkan perintah itu ke jajaran Polda, Polres hingga Polsek," tutur Menpora.

Tidak hanya itu, nantinya ada pula hukuman kepada klub yang suporternya membuat kerumunan atau melanggar protokol kesehatan pencegahan COVID-19 selama Piala Menpora 2021.

BACA JUGA : Polri Izinkan Piala Menpora 2021, PSS Sleman

"Nanti itu tergantung kepada PSSI dan PT Liga Indonesia Baru," tutur Zainudin Amali.

Turnamen pramusim Piala Menpora 2021 diikuti oleh 18 tim Liga 1 Indonesia. Ada empat daerah yang menjadi tuan rumah penyisihan grup yaitu Bandung, Sleman, Solo dan Malang. Sesuai dengan kesepakatan Polri, Kemenpora, PSSI dan LIB, Piala Menpora 2021 wajib digelar dengan penerapan ketat protokol kesehatan pencegahan COVID-19.

Sumber : Antara