Prediksi Barcelona Vs PSG: Awal Momen Krusial Blaugrana

Frenkie de Jong - Instagram @frenkiedejong
16 Februari 2021 15:37 WIB Chrisna Chaniscara Sepakbola Share :

Harianjogja.com, BARCELONA—Nasib Barcelona musim ini boleh jadi bakal sangat ditentukan di bulan Februari 2021. Hasil-hasil pertandingan pada bulan ini dipercaya menjadi penentu apakah Barca akan memetik trofi di masa kepemimpinan Ronald Koeman. Terpeleset sedikit saja, Frenkie De Jong dkk. bisa mengakhiri musim lebih awal tanpa gelar. 

Blaugrana saat ini masih bertarung di tiga kompetisi yakni Liga Primera, Liga Champions dan Copa del Rey. Barca harus berjuang keras di kompetisi domestik karena telah tertinggal delapan poin dari Atletico Madrid yang punya simpanan satu laga lebih banyak. Setali tiga uang, asa Barcelona merebut titel Copa del Rey juga tak mudah lantaran mereka keok 0-2 dari Sevilla di leg I semifinal.

Kini peruntungan Barca di Liga Champions giliran diuji saat mereka harus menghadapi finalis musim lalu, Paris Saint-Germain (PSG) di babak 16 besar. Laga kandang yang bakal mereka jalani di leg I, Rabu (17/2/2021) dini hari WIB, tentu wajib dimaksimalkan penggawa Koeman jika ingin melangkah lebih jauh di turnamen bergengsi itu. Kerja Barcelona diyakini bakal sedikit lebih mudah menyusul absennya bintang PSG, Neymar.

Blaugrana sendiri punya memori indah saat melawan PSG di 16 besar yakni La Remontada pada Maret 2017.  Kala itu, Barcelona yang kalah 4-0 di Parc des Princes bisa menang 6-1 di Camp Nou dan membalikkan agregat 6-5. Barca pun lolos ke perempat final dengan torehan comeback terbaik sepanjang sejarah Liga Champions. Namun winger Barcelona, Ousmane Dembele, enggan terlena dengan buaian sejarah. “La Remontada sudah empat tahun lalu, banyak yang berubah. Kami perlu fokus pada laga,” ujarnya dilansir uefa.com, Senin (15/2/2021).

Barcelona pantang lupa diri meski selalu menang dalam lima jamuan mereka atas PSG. Sebab, tim tamu tengah on fire dengan memenangi empat laga terakhir di semua ajang, meraih tiga clean sheet dan mencetak delapan gol. Di sisi lain, Barcelona tengah krisis di lini belakang menyusul cedera Gerard Pique, Sergi Roberto dan Ronald Araujo. Eksperimen Koeman memasang De Jong sebagai stoper terbukti bukan pilihan bagus. Beruntung lini depan Barca sedang ganas-ganasnya. Lionel Messi kembali moncer usai mencetak dua gol saat Barca menggasak Alaves 5-1. Messi sendiri sudah empat kali menjebol gawang PSG dalam delapan pertemuan. Winger Trincao juga semakin menunjukkan ketajamannya.

“Saya melihat evolusi Barcelona secara keseluruhan. Mereka tim solid dengan ide jelas dan para pemain luar biasa. Mereka tim yang dibentuk untuk juara, seperti PSG,” ujar Pelatih PSG, Mauricio Pochettino.

 

Sumber : JIBI/Solopos