Tottenham vs Liverpool, Posisi Top Skor Salah Terancam

Striker Liverpool FC Mohamed Salah - Reuters
27 Januari 2021 05:17 WIB M. Syahran W. Lubis Sepakbola Share :

Harianjogja.com, JAKARTA – Mohamed Salah tampil luar biasa ketika Liverpool menghabisi Crystal Palace dengan skor telak 7–0 dalam lanjutan Liga Primer Inggris pada 19 Desember 2020.

Dalam pertandingan di Stadion Selhurst Park di London itu, pelatih Liverpool Jurgen Klopp baru menurunkan Salah pada menit ke-57 untuk menggantikan Sadio Mane saat The Reds unggul 4–0.

Kehadiran Salah membuat Palace semakin menderita karena dia kemudian menjaringkan dua gol dan memasok satu assist untuk gol kelima yang dicetak Roberto Firmino.

Bagi Salah, dua golnya membuat dia bertengger sebagai top skor sementara Liga Primer Inggris dengan 13 gol. Namun, selepas kehebatan itu, Salah tak pernah lagi mencetak gol di Liga Primer, sehingga catatan golnya mandek di angka 13.

Dia memang kemudian mencetak langsung gol saat Liverpool dipecundangi Manchester United di Old Trafford, tetapi itu terjadi di ajang FA Cup. Liverpool pun akhirnya tersingkir karena kalah 2–3.

Tantangan untuk tetap bertahan sebagai top skor makin sulit bagi Salah. Dalam laga liga terdekat, Liverpool akan bertarung di markas Tottenham Hotspur, yang dua ujung tombaknya, Harry Kane dan Son Heung-min, masing-masing telah memasok 12 gol, hanya satu di belakang Salah.

Artinya, salah-salah, posisi top skor Salah bakal digusur dua pemain itu sekaligus kalau dia tetap gagal menjebol gawang lawan di liga.

Sebenarnya bagi Salah, menjadi top skor bukan barang baru. Pemain Timnas Mesir itu pernah menjadi top skor Liga Primer pada musim 2017–2018 dengan mencetak 32 gol.

Berikut daftar pencetak gol sementara Liga Primer:

13 Gol: Mohamed Salah (Liverpool)

12 Gol: Harry Kane (Tottenham), Son Heung-Min (Tottenham Hotspur)

11 Gol: Dominic Calvert-Lewin (Everton), Jamie Vardy (Leicester City), Bruno Fernandes (Manchester United)

10 Gol: Patrick Bamford (Leeds United)

8 Gol: Wilfried Zaha (Crystal Palace), Callum Wilson (Newcastle United)

7 Gol: Marcus Rashford (Manchester United), Danny Ings (Southampton), Ollie Watkins (Aston Villa), Neal Maupay (Brighton & Hove Albion), Alexandre Lacazette (Arsenal).

6 Gol: Sadio Mane (Liverpool), Tammy Abraham (Chelsea), James Maddison (Leicester City), Harvey Barnes (Leicester City).

Sumber : BBC