Inter, Juventus dan Milan Jadi Wakil Italia di Liga Super Eropa

Suporter Juventus berpesta juara Serie A - Reuters/Stefano Rellandini
23 Januari 2021 21:07 WIB Andhika Anggoro Wening Sepakbola Share :

Harianjogja.com, JAKARTA - Menurut surat kabar La Repubblica, Inter Milan, AC Milan dan Juventus akan menjadi wakil dari klub Liga Italia yang tergabung dalam Liga Super Eropa.

Surat kabar tersebut melaporkan beberapa raksasa Eropa siap untuk menantang UEFA dan FIFA dengan menyiapkan rencana rinci untuk membentuk Liga Super Eropa yang diluncurkan musim 2022-23.

Inter, Juventus dan Milan akan menjadi satu-satunya klub Italia yang termasuk dalam kompetisi tersebut.

Nantinya akan ada 20 peserta dan 15 anggota pendiri tetap: tiga dari Italia, enam klub Inggris (Arsenal, Chelsea, Liverpool, Tottenham, Manchester City dan Manchester United), tiga klub Spanyol (Atletico Madrid, Barcelona dan Real Madrid), dua Jerman ( Bayern dan Borussia Dortmund) dan PSG dari Prancis.

Setiap klub akan memiliki jaminan pendapatan 350 juta euro per musim dan mungkin ada dua grup yang masing-masing terdiri dari sepuluh tim.

Empat teratas dari setiap grup akan mendapatkan akses play-off dan lima klub peringkat pertama akan lolos ke Piala Dunia Klub.

Sementara itu, UEFA diharapkan menghadirkan format baru Liga Champions untuk tahun 2024-2027 dengan masing-masing klub yang akan memainkan setidaknya 10 pertandingan per musim.

Menurut laporan tersebut, CVC Capital Partners, yang telah diberikan eksklusivitas akan menjadi 10 persen pemegang saham perusahaan media yang didirikan dengan Lega Serie A, dilaporkan telah meminta untuk menambahkan klausul yang akan memungkinkan mereka membatalkan kontrak mereka jika Liga Super akan berlangsung.

Sumber : Bisnis Indonesia