Mundur dari Timnas Cile, Reinaldo Rueda Tangani Timnas Kolombia

Reinaldo Rueda - FIFA.com
15 Januari 2021 23:07 WIB Newswire Sepakbola Share :

Harianjogja.com, JAKARTA – Reinaldo Rueda ditunjuk menjadi pelatih tim nasional negara asalnya, Kolombia, hanya beberapa jam setelah mengundurkan diri sebagai Pelatih Timnas Cile.

Rueda pada Kamis (14/1/2021) pagi WIB mengumumkan pengunduran dari Timnas Chile melalui akun Twitter pribadinya, @ReinaldoRuedaDT dan Federasi Sepak Bola Kolombia (Federación Colombiana de Fútbol)langsung menunjuknya untuk menangani timnas berjuluk Los cafeteros alias Para Penanam Kopi.

Lelaki 63 tahun itu mengisi kursi pelatih kepala Kolombia yang kosong sejak Desember menyusul pengunduran diri Carlos Queiroz, 67 tahun, dari Portugal karena rentetan hasil buruk.

Kekalahan di dua pertandingan terakhir Queiroz—dihajar tamunya Uruguay 0–3 dan dibantai 1–6 di Ekuador—menempatkan Kolombia di urutan ketujuh klasemen sementara kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Amerika Selatan.

Ini akan menjadi tenor kedua Rueda menangani Kolombia setelah 2004–2006, tetapi catatan buruknya, ketika itu dia mundur setelah gagal membawa negaranya ke putaran final Piala Dunia 2006.

Rueda tentu ingin mengobati kegagalan itu dengan memburu setidaknya lima besar klasemen akhir kualifikasi zona Amerika Selatan untuk mendapatkan satu tiket play-off antarkontinen atau lebih baik lagi dengan finis minimal di posisi keempat agar langsung lolos ke putaran final Piala Dunia 2022 Qatar.

Pertandingan kompetitif pertama Rueda bersama Kolombia akan terjadi pada 25 Maret 2021 ketika mereka menjamu pemuncak klasemen sementara Brasil, lantas 5 hari kemudian bertandang ke Paraguay.

Sumber : Antara