40 Pemain & Staf Klub Liga Inggris Positif Covid-19

Para pemain Fulham merayakan gol. Dua pertandingan klub London itu ditangguhkan akibat Covid-19. - Twitter@FulhamFC
06 Januari 2021 15:27 WIB M. Syahran W. Lubis Sepakbola Share :

Harianjogja.com, JAKARTA – Otoritas Liga Primer Inggris mengatakan 40 pemain dan staf klub positif Covid-19 selama sepekan terakhir. Jumlah itu dua kali lipat lebih tinggi daripada pekan sebelumnya.

Setelah melakukan tes sepekan sekali, Liga Inggris melakukan 2.295 tes dalam dua putaran selama sepekan terakhir. Antara 28 dan 31 Desember, ada 28 tes positif baru dan 12 lagi ditemukan antara 1 dan 3 Januari. Tertinggi sebelumnya adalah 18 hasil positif dari 21 hingga 27 Desember.

"Dengan jumlah tes positif yang rendah di sebagian besar klub, liga terus memiliki kepercayaan pada protokol Covid-19, yang didukung penuh oleh pemerintah, untuk memungkinkan pertandingan dimainkan sesuai jadwal," demikian pernyataan Liga Premier.

Football Association (FA), otoritas sepak bola Inggris, mengatakan ada 15 hasil positif dari 635 tes yang dilakukan di Liga Super Wanita (WSL) dan Piala FA Wanita antara 28 Desember dan 3 Januari.

Ini menandai penurunan jumlah tes positif dari babak sebelumnya, ketika ada 32 hasil positif dari 864 tes pada 14 hingga 20 Desember.

Hasil tes Covid-19 di Liga Primer terbaru menandai peningkatan tingkat tes positif. Pada putaran terakhir, 1,74 persen dari mereka yang diuji ternyata positif. Sebanyak 18 tes positif yang tercatat antara 21 dan 27 Desember berasal dari 1.479 tes, dengan tingkat 1,22 persen.

Berdasarkan peraturan Liga Premier, pemain dan staf klub yang dites positif harus melakukan isolasi mandiri selama 10 hari.

Tiga pertandingan di Liga Primer Inggris dibatalkan pekan lalu karena Covid-19. Perjalanan Manchester City ke Everton pada 28 Desember dibatalkan setelah bek Kyle Walker dan striker Gabriel Jesus dinyatakan positif terpapar vorus Corona.

Pertandingan City di Chelsea pada Minggu tetap berjalan meskipun empat pemain Pep Guardiola—kiper Ederson, bek Eric Garcia, penyerang Ferran Torres, dan gelandang Tommy Doyle—positif Covid-19.

Dua pertandingan tandang Fulham juga ditunda - di Tottenham pada 30 Desember dan Burnley pada 3 Januari. Fulham mengatakan pertandingan dibatalkan setelah sejumlah besar kasus positif di klub.

Selasa lalu, Sheffield United mengatakan mereka telah mencatat sejumlah tes positif tetapi memilih bermain di Crystal Palace pada Sabtu dengan skuat yang minimal.

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia