Muncul Opsi Penundaan Liga Inggris 2 Pekan

Pemain Arsenal berlutut sambil mengenakan kaus bernada dukungan terhadap anti/rasialisme. / Instagram
31 Desember 2020 06:47 WIB Chrisna Chaniscara Sepakbola Share :

Harianjogja.com, WEST BROMWICH—Silang pendapat mewarnai wacana penundaan Liga Premier selama dua pekan pada Januari 2021. Hal itu menyusul merebaknya kembali kasus Covid-19 di Negeri Ratu Elizabeth.

Pelatih Manchester United (MU), Ole Gunnar Solskjaer, dan Pelatih West Bromwich Albion (WBA), Sam Allardyce, terang-terangan memiliki pendapat yang berseberangan soal penundaa kompetisi.

Para petinggi klub sudah melakukan pertemuan untuk membahas kemungkinan Liga Premier ditunda dua pekan pada bulan depan. Pertemuan digelar setelah otoritas mengumumkan rekor kasus positif virus corona di Liga Premier sejak tes dilakukan Mei 2020. Pekan ini total ada 18 orang positif dari 1.479 tes yang dilakukan terhadap pemain dan ofisial klub.

Sam Allardyce menjadi salah satu pelatih yang mendukung penundaan Liga Premier untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19. Eks Pelatih Timnas Inggris itu menegaskan kesehatan semua orang lebih penting dari jalannya liga.

“Ketika saya mendengar berita varian virus lebih cepat menyebar daripada virus sebelumnya, hal yang benar dilakukan adalah menunda kompetisi,” ucap Big Sam seperti dilansir Sky Sports, Rabu (30/12/2020).

Kasus Corona membuat dua pertandingan Liga Premier ditunda bulan ini. Aston Villa vs Newcastle United pada awal Desember 2020 dan Manchester City vs Everton pekan ini. Laga Tottenham Hotspur vs Fulham yang berlangsung di London, Kamis (31/12) dini hari WIB, juga berpeluang ditunda karena ada sejumlah kasus positif di kubu Fulham.

Namun, Solskjaer menganggap liga tidak harus ditunda. “Ini [menunda liga] sesuatu yang tidak saya pikirkan. Saya pikir pemain sudah mengikuti protokol dan peraturan. Saya tidak melihat keuntungan kompetisi ditunda, apapun hasilnya nanti,” ucap Solskjaer. Selain Solskjaer, Pelatih Burnley, Sean Dyche, menjadi sosok yang mendukung Liga Premier tetap berjalan.