Thomas Tuchel Diisukan Latih Chelsea

Thomas Tuchel - Instagram
30 Desember 2020 09:47 WIB Chrisna Chaniscara Sepakbola Share :

Harianjogja.com, PARIS—Thomas Tuchel langsung didekati sejumlah klub setelah resmi meninggalkan Paris Saint-Germain (PSG), Selasa (29/12/2020) sore WIB. Chelsea dikabarkan telah memasang radar pada Tuchel menyusul hasil kurang meyakinkan Frank Lampard. Bos The Blues, Roman Abramovich, bahkan disebut telah mengontak pelatih asal Jerman itu.

Chelsea sebenarnya sempat tampil meyakinkan dengan tak terkalahkan dalam 10 laga beruntun di semua kompetisi. Dalam rentetan itu pula pertahanan mereka patut diacungi jempol karena sering mencatatkan clean sheet. Mason Mount dkk. juga pernah menjadi pemuncak klasemen Liga Premier pada awal Desember. Namun bulan madu Chelsea bersama Lampard musim ini sepertinya telah berakhir.

Usai berada di singgasana, performa The Blues justru anjlok drastis dengan hanya mengantongi empat poin dari lima laga terakhir di kompetisi domestik. Terbaru, pasukan Lampard ditahan imbang tim medioker Aston Villa dengan skor 1-1 di Stamford Bridge, Selasa dini hari WIB. Hasil itu membuat Chelsea melorot ke posisi enam dengan 26 poin dari 16 laga. The Blues bisa semakin tertinggal dari perburuan gelar andai Liverpool mengalahkan Newcastle United, Kamis (31/12/2020) dini hari WIB. The Blues kini tertinggal enam poin dari Liverpool di puncak klasemen.

Musim memang masih panjang dan Chelsea punya 22 pertandingan untuk mengejar tim-tim di atasnya.  Namun kesabaran Abramovich tampaknya ada batasnya. Jika kondisi tidak berubah di awal tahun, Lampard disebut harus siap-siap angkat kaki. Dilansir Express, Selasa, Abramovich sudah membuka pembicaraan dengan Tuchel soal kemungkinan sang pelatih menangani Chelsea. Tuchel dianggap lebih berpengalaman meramu pemain-pemain bintang seperti yang dia lakukan di PSG.

Meski dipecat mendadak, Tuchel sejatinya memberikan sumbangsih besar bagi Les Parisiens. Eks Pelatih Borussia Dortmund itu mempersembahkan enam trofi selama dua setengah tahun, memenangkan 74,8% total pertandingan dan membawa PSG ke final Liga Champions kali pertama sepanjang sejarah klub. “Thomas sudah bekerja keras dan mencurahkan selurun energinya. Tentu kami akan selalu mengingat masa-masa indah bersama. Saya mendoakan yang terbaik untuk kariernya ke depan,” ujar Presiden PSG, Nasser Al-Khelaifi, dilansir en.psg.fr.

Saat diberhentikan PSG, kontrak Tuchel sebenarnya masih tersisa sampai Juni 2021. Hal itu membuat Les Parisiens harus membayar pesangon 6 juta euro atau sekitar Rp103 miliar.

Sumber : JIBI/Solopos