Piala Liga Inggris: MU & Spurs Lolos ke Semifinal

Ujung tombak Tottenham Hotspur Harry Kane/Reuters - Paul Childs
24 Desember 2020 10:17 WIB M. Syahran W. Lubis Sepakbola Share :

Harianjogja.com, JAKARTA – Manchester United dan Tottenham Hotspur mengikuti jejak Manchester City dan Brentford melaju ke semifinal Piala Liga Inggris (Carabao Cup/EFL Cup) setelah memenangi pertandingan perempat final pada Kamis (24/12/2020) dini hari WIB.

Bertarung di Stadion Goodison Park di Liverpool, pertandingan berjalan sangat ketat dan Manchester United baru berhasil menyarangkan dua gol pada menit-menit akhir untuk meraih kemenangan 2–0 atas tuan rumah Everton.

MU menjaringkan gol pembuka baru pada menit ke-88 melalui Edinson Cavani dan Anthony Martial menggandakan keunggulan skuad asuhan Ole Gunnar Solskjaer ketika injury time telah memasuki menit ke-5.

Sementara itu, dalam pertandingan perempat final lainnya, Tottenham Hotspur juga menang tandang atas tuan rumah Stoke City di Stadion Bet365 di Stoke dengan skor 3–1.

Gareth Bale membuka skor untuk Spurs pada menit ke-22 yang bertahan hingga rehat. Namun Stoke mampu mencetak gol balasan lewat Jordan Thompson ketika babak kedua memasuki menit ke-8.

Pada akhirnya Spurs asuhan Jose Mourinho yang berhasil menggenggam tiket semifinal setelah berhasil menjaringkan dua gol lagi melalui kontribusi Ben Davies pada menit ke-70 dan kapten tim Harry kane 11 menit kemudian.

Sehari sebelumnya, Manchester City dan Brentford lebih dahulu memastikan lolos ke semifinal. ManCity melumat Arsenal 4–1, sedangkan Brentford menundukkan Newcastle United 1–0.

ManCity merupakan juara bertahan. Dalam laga final musim lalu skuad asuhan Pep Guardiola menundjukkan Aston Villa dengan skor tipis 2–1.

Dari delapan kontestan perempat final, enam di antaranya merupakan tim Liga Primer Inggris yakni juara bertahan Manchester City, Manchester United, Arsenal, Tottenham Hotspur, Everton, dan Newcastle United.

Liverpool merupakan juara terbanyak kejuaraan yang memiliki nama asli English Football Cup (EFL) ini yakni delapan kali, terakhir pada 2012 setelah menang adu penalti versus Cardiff City. Pada musim ini langkah Liverpool dihentikan Arsenal di 16 besar melalui adu penalti.

ManCity menjuarainya tujuh kali, diikuti Aston Villa, Chelsea, dan Manchester United masing-masing lima kali, kemudian Tottenham Hotspur dan Nottingham Forest masing-masing empat kali.

Sumber : BBC